PENGEMBANGAN PROTOTYPE KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA HASIL ANALISA MODEL KANO DAN FAULT TREE ANALYSIS

Ekastini Ekastini, Suwaebatul Aslamiyah

Abstract


Kesenjangan pengetahuan antar pegawai adalah sesuatu hal yang tidak bisa dihindari baik bagi perusahaan dengan skala kecil, sedang maupun menengah apabila tidak dilakukannya secara rutin proses berbagi pengetahuan secara langsung antar pegawai. Hal ini tidak akan menjadi sebuah masalah apabila setiap perusahaan memiliki media sharing knowledge sebagai pengganti proses sharing knowledge secara langsung. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengidentifikasi lebih jauh penyebab lain terjadinya kesenjangan pengetahuan dan menemukan alternatif penyelesaian. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Fault Tree Analysis (FTA) dan juga model Kano.  FTA digunakan untuk mengidentifikasi dan menemukan penyebab-penyebab terjadi kesenjangan pengetahuan, sementara model Kano digunakan untuk mengukur tingkat kepentingan sebuah fitur berdasarkan persepsi user guna mendapatkan tingkat kepuasaan user yang tinggi pada sistem yang akan dikembangkan. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah prototype Knowledge Management System.


Full Text:

PDF

References


Aslamiyah, S., & Agustina, A. (2021). Pengukuran Kesenjangan Pengetahuan (K-Gap) Menggunakan Importance and Performance Analysis dan Root Cause Analysis. STRING (Satuan Tulisan Riset Dan Inovasi Teknologi), 6(1), 82. https://doi.org/10.30998/string.v6i1.9933

Bibit Satriono, Profita, A., & Sitania, F. D. (2020). Perancangan dan Pengukuran Kinerja Perusahaan Berbasis Kerangka Agri-Food Supply Chain. Jurnal INTECH Teknik Industri Universitas Serang Raya, 6(2), 123–131. https://doi.org/10.30656/intech.v6i2.2405

Gupta, P., & Srivastava, R. K. (2012). Integrating SERVQUAL and Kano Model into QFD for Customer Satisfaction of the Hotel Service Industry. January.

Linggan, A. D. (2019). Penambahan Pelanggan IndiHome 2018. E-Proceeding of Engineering : Telkom University, 6(2), 6548–6555.

Mauidzoh, U., & S, E. R. (2020). Analisis Kepuasan Pelanggan Dengan Integrasi Servqual Dan Model Kano Untuk Meningkatkan Mutu Pelayanan Transportasi Online. Jurnal Rekayasa Industri (JRI), 2(1), 1–7. https://doi.org/10.37631/jri.v2i1.125

Raharjana, I. K. (2013). Memprioritaskan Kebutuhan Perangkat Lunak menggunakan Model Kano Dengan Menampilkan Rancangan Antarmuka Perangkat Lunak. Seminar Nasional Matematika Dan Aplikasinya.

Susanto, A. (2017). Implementasi Knowledge Management System Teknisi Politype Menggunakan Metode SECI dan KANO: Studi Kasus PT Bumimulia Plastic Industri. Universitas Budi Luhur.

Syaifullah, S., Wijaya, I. G. P. S., & Husodo, A. Y. (2018). Satisfaction Information System of Academic Administration Services Based on IPA (Importance Performance Analysis) Study Case in Faculty of Engineering, Mataram University. Journal of Computer Science and Informatics Engineering (J-Cosine), 2(1), 37–43. https://doi.org/10.29303/jcosine.v2i1.50

Taufik, Ahmad. Aslamiyah, S. (2020). Analisa Nilai Kesenjangan Pengetahuan Menggunakan Metode Importance And Performance Analysis Pada Model Tiwana. Jpurnal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS), 3(2), 260–269. https://doi.org/https://doi.org/10.31539/intecoms.v3i2.1735

Zuraidah, E. (2018). Knowledge Management System Untuk SDM Menggunakan Seci Model (Studi Kasus: Koperasi Karyawan). Jurnal Informatika, 5(1), 157–168. https://doi.org/10.31311/ji.v5i1.2481




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7164

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas Ristek indexed by: