SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER UNTUK SISWA MENGGUNAKAN METODE SAW

Nia Rohmiyani, Imam Himawan

Abstract


Menerapkan metode SAW untuk menentukan jenis kegiatan eksrakurikuler yang cocok untuk siswa guna membantu guru dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler untuk siswa. Membantu siswa memiliki kegiatan ekstrakurikuler untuk diikuti guna mendapat potensi tambahan dan jiwa kepemimpinan dalam diri siswa, metode yang digunakan penulis dalam menentukan kegiatan ekstrakurikuler siswa menggunakan metode Simple Additive Weighting (SAW). Hasil akhir diperoleh dari perankingan nilai terbesar yang dipilih sebagai nilai alternatif terbaik, dimana nilai ranking terbesar adalah ekstrakurikuler yang akan dimiliki siswa, cara mendapatkan nilai tertinggi adalah dengan melakukan penentuan kriteria terlelih dahulu, memberikan bobot pada setiap kriteria, melakukan rating kecocokan setiap alternatif pada setiap kriteria, membuat matriks keputusan dari hasil rating kecocokan, melakukan normalisasi dengan mengkalikan setiap elemen alternatif dengan nilai maks pada setiap alternatif, selanjutnya menentukan ranking, dimana ranking terbesar adalah alternatif terbaik. Dilakukan dengan cara olah data salah satu siswa dengan melakukan olah setiap alternatif pada setiap kriteria seperti prestasi, bakat, minat, kegemaran, waktu luang, jarak dari rumah, dan izin orangtua, dimana setiap alternatif dari setiap kriteria memiliki bobot masing-masing. Penggunaan metode SAW sangat membantu guru pembimbing kegiatan ekstrakurikuler dalam menentukan kegiatan tambahan untuk siswa, dapat membantu siswa memiliki kegiatan tambahan yang sesuai dengan potensi dirinya.


Full Text:

PDF

References


Haqi, B., & Setiawan, H. S. (2019). Aplikasi Absensi Dosen dengan Java dan Smartphone sebagai Barcode Reader. Gramedia.

Hutahaean, J. (2014). Konsep Sistem Informasi (1st ed.). deepublish.

Mahendra, S. G. . . [et. al. (2023). Sistem Pendukung Keputusan (Teori dan Penerapannya dalam berbagai Metode) (Efitria dan Sepriano (ed.); 1st ed.). Sonpedia Publishing Indonesia.

Namruddin, R., Basalamah, A., Ali, M. Z. A., Syarifuddin, A., Alam, S., Wardhani, N., Delfina, T. S., & Abdurrahman. (2023). Belajar Database Dengan Mudah Menggunakan MySQL (R. Namruddin, A. Basalamah, & M. Z. A. Ali (eds.); 1st ed.). CV. Tohar Media.

Nofriansyah, D. (2014). Konsep Data Mining Vs Sistem Pendukung Keputusan (F. I. Iriyanti (ed.); Ed.1). Deepublish.

Rahmi, M., I., & Hariyadi. (2022). ICT dan Pengembangan Media Pendidikan Islam. Deepublish.

Sihombing, J. (2022). Visual Java dengan NetBeans 8.2 dan My SQL (G. V. Ningsih (ed.); 1st ed.). Mitra Cendekia Media.

Susanto, A. (2013). Sistem Informasi Manajemen .

Taufik Syamsul, M., Rahadian, A., Sungkawa Gaos Guntur, M., Iskandar, T., & Ridlo Faiz, A. (2020). Manajemen Penjas (Abdul (ed.); 1st ed.). Adab.

Zulkarnain, W. (2018). Manajemen Layanan Khusus Di Sekolah (B. S. Hastuti (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7165

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas Ristek indexed by: