PENILAIAN KEPUASAN PELANGGAN JASA INTERNET CV. MANUNGGAL SEKAWAN MENGGUNAKAN METODE SAW

Yosafat Setyo Raharjo, Siti Khotijah, Zetty Karyati

Abstract


Penilaian kepuasan pelanggan merupakan hal yang penting bagi kemajuan perusahaan. Metode Simple Additive Weighting (SAW) adalah pendekatan matematis yang dapat digunakan untuk membantu proses penilaian kepuasan pelanggan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menerapkan metode SAW dalam penilaian kepuasan pelanggan dan menentukan bobot relatif dari setiap kriteria yang digunakan. CV. Manunggal Sekawan memrupakan salah satu perusahaan yang bergerak di bidang jasa internet. Di CV. Manunggal objektifitas penilaian kepuasaan pelanggan kurang tepat, sehingga penilaian terhadap kepuasaan pelanggan terhadap jasa internet tidak akurat. Selain itu, belum adanya manajemen pengolahan data terkait penilaian kepuasaan pelanggan terhadap jasa internet serta belum adanya suatu sistem pendukung keputusan penilaian kepuasaan pelanggan. Oleh karena itu, untuk mempermudah proses penilaian kepuasaan pelanggan terhadap jasa internet di CV. Manunggal Sekawan, maka dikembangkan suatu aplikasi sistem pendukung keputusan berbasis desktop. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi sistem pendukung keputusan penilaian kepuasan pelanggan jasa internet CV. Manunggal Sekawan menggunakan metode Simple Additive Wieghting (SAW).


Full Text:

PDF

References


Hutahaean, J. (2015). Konsep Sistem Informasi. Deepublish.

Isnandi, & Wardati, I. . (2014). Sistem Informasi Penjualan Tiket Pada Al Fath Tours Dan Travel Pacitan. Speed Journal - Sentra Penelitian Engineering Dan Edukasi, 11, 39–43.

Latif, L. A., Jamil, M., & Abbas, S. H. (2018). Buku Ajar: Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi (Cetakan Pe). Deepublish.

Mulyati, S. (2016). Penerapan Metode Simple Additive Weighting Untuk Penentu Prioritas Pemasaran Kemasan Produk Bakso Sapi. Jurnal Informatika Universitas Pamulang, 1(1), 33– 37.

Nofriansyah, D., & Sarjon, D. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) Pada Sistem Pendukung Keputusan. Deepublish.

Priharto, S. (2020). Indikator Kepuasan Pelanggan: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya Bagi Bisnis.

Rizkandari, S. A., Saptono, R., & Wiharto. (2014). Pemanfaatan Metode Simple Addictive Weigting (SAW) Dalam Penentuan Mahasiswa Berprestasi Tingkat Universitas Sebelas Maret Surakarta. ITSMART (Jurnal Teknologi Dan Informasi), 3(1).

Sari, F. (2018). Metode Dalam Pengambilan Keputusan. CV. Budi Utama.

Simangunsong, P. B. N., & Sinaga, S. B. (2019). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Dosen Berprestasi Menggunakan Metode Electre. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi Komputer Dan Sains, 1(1), 173–178.

Sopian. P, Ermatita. Penerapan Metode Simple Additive Weighting (SAW) Pada Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemlihan Paket Layanan Internet. “SENAMIKA (Seminar Nasional Mahasiswa Ilmu Komputer dan Aplikasinya)”. 20 April 2021, e-ISSN 978-623- 933343-3-8.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7170

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SEMNAS RISTEK  indexed by: