PENERAPAN SISTEM INFORMASI INVENTORY PERANGKAT DAN SOFTWARE LISENSI DI PT SKK MENGGUNAKAN METODE PIECES

Adi Restiawan, Laksana Priyo Abadi, Mei Lestari

Abstract


Sistem Inventory merupakan suatu sistem yang digunakan   untuk mengetahui persediaan stock barang serta pencatatan barang keluar masuk pada suatu tempat. ). PT SKK merupakan perusahaan yang bergerak di bidang penyedia aplikasi teknologi sistem informasi. Pastinya untuk perusahaan yang bergerak di bidang IT memiliki banyak inventory baik itu hardware maupun software lisensi. Kendala yang di hadapi PT SKK saat ini merupakan belum adanya sistem informasi inventory yang memadai untuk merangkap dan mengetahui informasi mengenai berapa barang yang dimiliki, dimana lokasi barang dan barang digunakan oleh siapa karena sistem yang di pakai PT SKK sekarang masih menggunakan sistem manual, sehingga akan membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan pengecekan ulang apabila terjadi kendala terhadap hardware maupun software lisensi yang dimiliki . Agar dapat membuat sistem dengan performa yang baik, keamanan yang terjamin, efisiensi  dalam penggunaan, user friendly dan penghematan dalam anggaran dengan ini penelitian menggunakan metode pieces dalam pengolahan data. Berdasarkan  perancangan sistem diatas, pihak PT SKK dengan mudah dapat melihat stok barang dan mengetahui permintaan barang yang dibutuhkan oleh karyawan melalui sistem yang telah dirancang.


Full Text:

PDF

References


Alfiyani Barokah, Dhea Vivi Anti, Ridho Pratama, Nurbaiti. (2021). Analisis Penggunaan Jasa Service Komputer (Hardware) Masa Pandemi Covid-19.

Deddy Ackbar Rianto, Setiawan Assegaf, Erik Fernando, (2015) “Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Geografis (SIG) Lokasi Minimarket Di Kota Jambi Berbasis Android”, Jurnal Ilmiah Media SISFO Vol.9 No.2 Oktober 2015 ISSN 1978-8126

Hariyanto, D., & Prasetyo, F. (2019). Penerapan Metode Unified Approach Pada Sistem Informasi Akademik Berbasis Website . Khatulistiwa Informatika, Vol.7, No.1, hal 21-28.

Maria.W.H Barri, Arie. S. M. Lumenta, Anneke Wowor (2015). Perancangan Aplikasi SMS GATEWAY Untuk Pembuatan Kartu Perpustakaan di Fakultas Teknik Unsrat.

Nuryasin, Alvin Handrianto Saputra, Tomi Hardi , Irfan Fadholur. (2019). Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Inventory Barang pada PT Cipta Rasa Multindo

Rahman, B., Susetyo, B., & Primasari , D. (2019). Analisis Kinerja Pelayanan Surat-Menyurat Berbasis Web di PGRI Kabupaten Bogor. IKRA-ITH Informatika, Vol.3, No.1, hal 1-12

Romney, Marshall B. dan Steinbart, (2015), “Sistem Informasi Akuntansi”, Edisi 13, alihbahasa: Kikin Sakinah Nur Safira dan Novita Puspasari, Salemba Empat, Jakarta

Sutabri, Tata, (2012). Analisis Sistem Informasi, Yogyakarta, ANDI OFFSET

Tuti Susilawati , Fera Anika , Wisnu Murti , Reza Aristyanti. (2019). Membangun website CV. Marisa kavling baturaja menggunakan php dan MySQL.

Wardani, S. (2013). Sistem Informasi Pengolahan Data Nilai Siswa Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Atas (SMA) Muhammadiyah Pacitan. IJNS, Vol.2, No.2, hal 30-37.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7176

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas Ristek indexed by: