SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SISWA TERBAIK DI SMK MAHADHIKA 4 MENGGUNAKAN METODE SAW

Vivi Azizah, Mei Lestari, Nurfidah Dwitiyanti

Abstract


Pemilihan siswa terbaik dilakukan oleh sekolah sebagai hasil evaluasi belajar dalam saat menjelang kenaikan kelas. Hal ini dilakukan dengan harapan sekolah dapat menghargai prestasi yang diperoleh oleh siswa/i di sekolah, sehingga akan berdampak pada semangat siswa/i untuk meningkatkan prestasi dan peningkatan nama baik sekolah. Pemilihan siswa terbaik juga dilakukan oleh SMK Mahadhika 4 pada menjelang kenaikan kelas, namun terdapat beberapa masalah yang dihadapi SMK Mahadhika 4 dalam pemilihan siswa terbaik, dimana dalam membuat keputusan siswa terbaik    masih menggunakan klasifikasi manual, sehingga menjadi sebuah kendala bagi pihak sekolah dalam mengambil keputusan, dikarenakan banyak kriteria yang perlu dipakai dalam pemilihan. Pemilihan kriteria yang tidak tepat dapat memberikan penilaian yang kurang objektif  bagi calon siswa terbaik yang akan dipilih, maka diperlukan suatu Sistem Pendukung Keputusan (SPK) yang dapat membantu para pengambil keputusan. Tujuan penelitian ini adalah membuat SPK agar pemilihan menjadi lebih objektif berdasarkan kriteria penilaian baru yang relevan dan perhitungan bobot yang diberikan dalam sistem. Metode yang digunakan adalah Metode Simple Additive Weighting (SAW), dengan menyediakan  kriteria-kriteria tertentu dimana memiliki rata-rata bobot nilai akhir terbesar akan menjadi keputusan akhir untuk kelayakan memilih siswa/i terbaik. Hasil penelitian ini berupa SPK menggunakan metode SAW untuk menentukan siswa terbaik, sehingga hasil pemilihan menjadi lebih   objektif.


Full Text:

PDF

References


Anneke, & E. (2015). Perancangan Sistem Berbasis Codeigniter. Teknik Elektro Dan Komputer, 4(1), 23–38.

Darimi, I. (2017). Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media. Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Volume 1, 1(2), 111–121.

Dhika, H., Isnain, N., & Tofan, M. (2019). Manajemen Villa Menggunakan Java Netbeans Dan Mysql. Jurnal IKRA-ITH Informatika Vol, 3(58), 104–110.

Putra, H. N., Kom, S., & Kom, M. (2019). Implementasi Diagram UML ( Unified Modelling Language ) dalam Perancangan Aplikasi Data Pasien Rawat Inap pada Puskesmas Lubuk Buaya. Sinkron, 2(April 2018).

Setya Adi, J. P., & Windarto. (2019). Pendukung Keputusan Pemilihan Siswa Terbaik Pada Sma Cenderawasih 2 dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting Berbasis Web. Sebatik, 23(2), 534–540. https://jurnal.wicida.ac.id/index.php/sebatik/article/view/826

Sukamto, R.A. dan Shalahuddin, M. (2016).

Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Informatika Bandung.

Sukamto, R.A. dan Shalahuddin, M. (2018). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek (Edisi Revi). Informatika.

Supriadi, A., Nugroho, A., & Romli, I. (2018). Sistem pendukung keputusan menentukan siswa terbaik menggunakan metode simple additive weighting (saw). Jurnal ELTIKOM, 2(1), 26–33.

Syam, S., & Rabidin, M. (2019). Metode Simple Additive Weighting dalam Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Berprestasi ( Studi Kasus : PT . Indomarco Prismatama cabang Tangerang 1 ). Jurnal Keilmuan Dan Aplikasi Teknik, 6(1), 14–18.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7180

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas Ristek indexed by: