SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENILAIAN PEGAWAI TERBAIK PADA DESA RINGIN HARJO DENGAN METODE PROFILE MATCHING BERBASIS JAVA

M. Kurniawan Ade Satria, Siti Khotijah, Siwi Puji Astuti

Abstract


Kesulitan yang dihadapi dalam memilih pegawai yang terbaik pada Desa Ringin Harjo, dimana saat ini untuk proses pemilihan masih menggunakan proses tradisional dan belum terkomputerisasi mengakibatkan keputusan yang diambil tidak akurat dan membutuhkan waktu yang lama dalam pengambilan keputusan untuk memutuskan pegawai yang terbaik. Oleh karena itu maka penelitian ini  bertujuan untuk memberikan sistem pendukung keputusan untuk memilih pegawai yang terbaik di Desa Ringin Harjo dengan menggunakan metode profile matching yang berbasiskan java. Penggunaan metode profile matching didalam penelitian ini menggunakan beberapa kriteria kriteria yang menunjang dalam pengambilan keputusan yang diharapkan hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi yang membantu dalam proses pengambilan keputusan yang terkait dengan pemilihan pegawai yang terbaik, sehingga mendapatkan penilaian yang cepat, efisien serta objektif. Dalam perancangannya sistem ini menggunakan java sebagai program aplikasinya serta Xampp sebagai database-nya. Alat yang digunakan dalam membantu dalam penelitian ini adalah Unified Modeling Language (UML) yaitu use case diagram dan class diagram.


Full Text:

PDF

References


Abadi, S., & Latifah, F. (2017). Decision Support System Penilaian Kinerja Karyawan Pada Perusahaan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting. Jurnal TAM (Technology Acceptance Model) , 37-45.

Hamali, A. Y. (2018). Pemahaman Manajemen sumber daya Manusia. Yogyakarta: CAPS (Center for Academic Publishing Service).

Kusrini. (2012). Sistem Pakar. Yogyakarta: Andi Offisit.

Latif, L. A., Jamil, M., & Abbas, S. H. (2018). Sistem Pendukung Keputusan Teori dan Implementasi. Yogyakarta: Deepublish.

Nofriansyah, D., & Defit, S. (2017). Multi Criteria Decision Making (MCDM) pada Sistem Pendukung Keputusan. Yogyakarta: deepublish.

Palupi, S. S., & Suhada, S. (2021). Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Menggunakan Metode Profile Matching Pada Alia Citra Dekorasi (ACD). JurnalL Larik Ladang Artikel Ilmu Komputer , 1, 41-49.

Priyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif. Sidoarjo: Zifatama.

SARI, F. (2018). Metode Dalam Pengambilan Keputusan. Deepublish: Yogyakarta.

Shalahuddin, M., & Rosa, A. (2014). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek. Bandung: Informatika Bandung.

Sudrajat, B. (2018). Pemilihan Pegawai Berprestasi dengan Menggunakan Metode Profile Matching. Jurnal & Penelitian Teknik Informatika , 202-210.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7183

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding Semnas Ristek indexed by: