IMPLEMENTASI METODE TOPSIS DALAM PEMILIHAN PENGEMUDI TELADAN DI PT BLUEBIRD

Timotius Ade Kristianto, Nandang Suwela, Septian Wulandari

Abstract


PT Bluebird adalah salah satu perusahaan transportasi terbesar dan paling terpercaya di Indonesia yang terkenal dengan layanan taksi berkualitas tinggi. Salah satu faktor kunci dalam kesuksesan perusahaan ini adalah kualitas pengemudinya. PT Bluebird menyadari bahwa kualitas pengemudi sangatlah penting untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat dan pengemudi merupakan kunci keberhasilan dalam industri transportasi. PT Bluebird menghadapi beberapa masalah dalam hal ini yaitu subjektivitas dalam proses pemilihan pengemudi yang bisa menyebabkan penilaian menjadi tidak objektif, pengambilan keputusan yang rumit dalam pemilihan pengemudi dan pengelolaan data yang tidak efisien. Tujuan dari penelitian adalah meningkatkan efisiensi, obyektivitas, dan kualitas pemilihan pengemudi teladan. Penulis memberikan solusi dengan mengimplementasikan metode TOPSIS sebagai sistem pendukung keputusan. Metode ini membantu manajemen mempertimbangkan berbagai kriteria seperti kualitas pelayanan, disiplin, pengetahuan rute, dan catatan kinerja sebelumnya. Metode TOPSIS diimplementasikan untuk merangking pengemudi berdasarkan skor preferensi kuantitatif. Hasil penelitian ini memberikan manfaat dalam hal peningkatan efisiensi dan obyektivitas dalam pemilihan pengemudi teladan.


Full Text:

PDF

References


Anshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, III(2), 59–76. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kontribusi+ilmu+pengetahuan+sosial+dalam+pendidikan+karakter&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DN6RFu2pmlPgJ

Astuti, S., Heriningsih, S., & Marita, M. (2022). Analisis Korelasi Otomatisasi Proses Audit Terhadap Kualitas Audit. Equity, 25(1), 77–88. https://doi.org/10.34209/equ.v25i1.4226

Banjarnahor, J. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Asisten Laboratorium Komputer Dengan Metode TOPSIS Studi Kasus Laboratorium AMIK MBP. LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 29–37. https://doi.org/10.58918/lofian.v1i2.172

Fianindo Rehandana, G., & Frinaldi, A. (2022). Upaya Peningkatan Kualitas Kerja Moda Trasnportasi Online Gojek di Kota Padang. PUBLICNESS: Journal of Public Administration Studies, 1(4), 218–223. https://doi.org/10.24036/publicness.v1i4.42

Lieberto, S. (2021). Trias Politika Dalam Hubungannya Dengan KemandirianAnshori, S. (2014). Kontribusi Ilmu Pengetahuan Sosial dalam Pendidikan Karakter. Jurnal Edueksos, III(2), 59–76. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=kontribusi+ilmu+pengetahuan+sosial+dalam+pendidikan+karakter&btnG=#d=gs_qabs&u=%23p%3DN6RFu2pmlPgJ

Astuti, S., Heriningsih, S., & Marita, M. (2022). Analisis Korelasi Otomatisasi Proses Audit Terhadap Kualitas Audit. Equity, 25(1), 77–88. https://doi.org/10.34209/equ.v25i1.4226

Banjarnahor, J. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Untuk Penentuan Asisten Laboratorium Komputer Dengan Metode TOPSIS Studi Kasus Laboratorium AMIK MBP. LOFIAN: Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 1(2), 29–37. https://doi.org/10.58918/lofian.v1i2.172

Fianindo Rehandana, G., & Frinaldi, A. (2022). Upaya Peningkatan Kualitas Kerja Moda Trasnportasi Online Gojek di Kota Padang. PUBLICNESS: Journal of Public Administration Studies, 1(4), 218–223. https://doi.org/10.24036/publicness.v1i4.42

Lieberto, S. (2021). Trias Politika Dalam Hubungannya Dengan Kemandirian Dan Ketidakberpihakan Profesi Notaris. Indonesian Notary, 3(2).

Mahendra, G. S., & Indrawan, I. P. Y. (2020). Metode Ahp-Topsis Pada Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Penempatan Automated Teller Machine. JST (Jurnal Sains Dan Teknologi), 9(2), 130–142. https://doi.org/10.23887/jstundiksha.v9i2.24592

Perdana, N. G., & Widodo, T. (2013). Sistem Pendukung Keputusan Pemberian Beasiswa Kepada Peserta Didik Baru Menggunakan Metode TOPSIS. Seminar Nasional Teknologi Informasi & Komunikasi Terapan (SEMANTIK 2013), 265–272. https://core.ac.uk/download/pdf/35371375.pdf

Prayitno, D. (2015). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Reputasi Perusahaan Terhadap Kepuasan Konsumen Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Moderasi. 15(3), 1–8.

Soleh, A. (2017). Strategi pengembangan potensi desa. Jurnal Sungkai, 5(1), 32–52.

Sutrisno, N., & Hamdani, A. (2020). Optimalisasi Pemanfaatan Sumber Daya Air untuk Meningkatkan Produksi Pertanian. Jurnal Sumberdaya Lahan, 13(2), 73. https://doi.org/10.21082/jsdl.v13n2.2019.73-88




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v8i01.7185

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: