Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Strategi Pemasaran pada Ekspedisi Menggunakan Metode TOPSIS

Razki Tsatria Handayani, Fitriana Destiawati, Herlinda Herlinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengatasi masalah dalam strategi pemasaran di Ekspedisi Surya Express, terutama kurangnya data rinci mengenai strategi yang digunakan dan kesulitan menentukan strategi yang efektif, yang menghambat pencapaian tujuan perusahaan. Penelitian ini mengidentifikasi sistem pemasaran yang ada, menganalisis permasalahan, dan menyusun laporan yang membantu perusahaan merumuskan strategi pemasaran yang lebih baik. Sebagai solusi, metode TOPSIS diterapkan untuk mendukung pengambilan keputusan dalam menentukan strategi pemasaran yang optimal. TOPSIS dipilih karena kemampuannya mengurutkan dan mengevaluasi berbagai alternatif strategi berdasarkan kriteria yang ada, sehingga menghasilkan rekomendasi yang paling sesuai berdasarkan data kuantitatif. Fokus penelitian ini juga mencakup strategi pemasaran online yang semakin penting di era digital saat ini, dengan TOPSIS sebagai alat untuk menilai dan memilih alternatif pemasaran online yang paling efektif. Sistem pendukung keputusan yang dikembangkan mempermudah perumusan strategi pemasaran yang relevan dan terukur di berbagai platform media sosial, serta membantu perusahaan meningkatkan penjualan melalui pemasaran online yang lebih efisien. Dengan demikian, metode TOPSIS menjadi solusi utama untuk mencapai strategi pemasaran yang optimal.


Keywords


SPK; Metode TOPSIS; Pemasaran Online

References


Anggraini, N., & Alhempi, R. R. (2021). Analisis Kepuasan Konsumen PT Hawaii Holiday Hotel Pekanbaru. Jurnal Inovasi Penelitan, 1(9).

Fatchurrozi, M., Setiawan, A. F., & Rudhistiar, D. (2023). Implementasi Metode Topsis Untuk Menentukan Bonus Karyawan Berbasis Website. In Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika (Vol. 7, Issue 4).

Ismiati, M. B. (2017). Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Judul Novel Sesuai Dengan Suasana Hati Pengguna. Jurnal Sistem & Teknologi Informasi Komunikasi, 1(1).

Mahanun. (2021). Pengambilan Keputusan Dan Perencanaan Kebijakan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Pendidikan. http://jurnal.dharmawangsa.ac.id/index.php/sabilarrasyad

Novianti, E., & Putra, F. A. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Pencatatan Barang Masuk Dan Barang Keluar Keluar Pada PT. Sahabat Langit Indonesia. XI(1).

Rahmansyah, N., & Lusinia, S. A. (2021). Sistem Pendukung Keputusan. http://jurnal.pustakagalerimandiri.co.id

Riani, N. K. (2021). Strategi Peningkatan Pelayanan Publik. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(11). https://www.kajianpustaka.com/2016/09/penge

Seran, R. B., Sundari, E., & Fadhila, M. (2023). Strategi Pemasaran yang Unik: Mengoptimalkan Kreativitas dalam Menarik Perhatian Konsumen. Jurnal Mirai Management, 8(1), 206–211.

Sonata, F., & Sari, V. W. (2019). Pemanfaatan UML (Unified Modeling Language) Dalam Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Jenis Customer-To-Customer. Jurnal Komunika : Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 8(1). https://doi.org/10.31504/komunika.v8i1.1832

Yuswardi, Wibowo, S. H., Harlina, S., Nursari, S. R. C., Junaidi, Khikmah, L., Suryani, S. D., & Nurmuslimah, S. (2022). Sistem Pendukung Keputusan Pada Teknologi Informasi. www.globaleksekutifteknologi.co.id




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v9i1.7450

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: