Sistem Pakar Identifikasi Gaya Belajar pada Remaja dengan Metode Forward Chaining Berbasis Web

Willy Adistyan, Achmad Fauzi, Ade Lukman Nulhakim

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuat sebuah sistem pakar berbasis web untuk mengidentifikasi gaya belajar pada remaja dengan menggunakan model Visual, Auditori, dan Kinestetik (VAK) yang dapat diakses langsung oleh siswa kapan saja dan di mana saja. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu forward chaining. Metode forward chaining digunakan dalam penelitian ini dengan melakukan penelurusan fakta-fakta yang diberikan oleh pengguna. Dari fakta-fakta inilah nantinya akan dicocokan dengan inferensi forward chaining untuk mencapai simpulan akhir. Hasil dari penelitian ini adalah sistem pakar identifikasi gaya belajar pada remaja berhasil diimplementasikan dengan menerapkan model VAK dengan menggunakan metode forward chaining. Sistem pakar dapat diakses langsung oleh siswa kapan saja dan di mana saja. Penerapan model VAK dalam sistem pakar berbasis web yang mudah diakses, membuat sistem pakar ini dapat menjadi alat yang berguna bagi siswa-siswi, remaja, dan masyarakat umum untuk membantu proses identifikasi gaya belajar mereka.


Keywords


Sistem Pakar; Gaya Belajar; Forward Chaining

References


Budiharto, & Suhartono. (2016). Artificial Intelligence Konsep Dan Penerapannya. Andi.

Hayadi, B. H. (2016). Sistem Pakar (1st ed.). Deepublish.

Magdalena, I., Nur, A., Universitas, A., & Tangerang, M. (2020). IDENTIFIKASI GAYA BELAJAR SISWA (VISUAL, AUDITORIAL, KINESTETIK). PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 1–8. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa

Rosnelly, R. (2016). Sistem Pakar Konsep Dan Teori. Andi Offset.

Rusli, A. S. A., & Rahman, A. (2019). Pemerograman Website dengan PHP-MySQL Untuk Pemula. Yayasan Ahmar Cendikia Indonesia.

Sarwono, S. W. (2018). Psikologi Remaja (Vol. 1). Rajawali Pers.

Setiawan, D. (2017). Buku Sakti Pemrograman Web : HTML, CSS, PHP, MYSQL & JAVASCRIPT. Start Up.

Thi, N., Ha, T., Street, Q., Trung, Q., Nguyen, W.-T., School, H., Nguyen, T., Duong, ;, & High, T. M. (2021). Effects of Learning Style on Students Achievement: Experimental Research. Linguistic and Culture Review, 5(3). https://doi.org/10.37028/lingcure.v5nS3.1515

WHO. (2022). Adolescent health. Https://Www.Who.Int/Health-Topics/Adolescent-Health.

Yudhanto, Y., & Prasetyo, H. A. (2019). Mudah Menguasai Framework Laravel. PT Elex Media Komputindo.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v9i1.7522

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: