Implementasi Sistem Informasi Penjualan Coffee Shop Berbasis Web dengan Fitur Visualisasi Data

Helmi Adityawarman, Aufa Edith Ramdani, Irene Scheila Kompisasi, Muhammad Joel Fikri Al Taqi, Muhammad Fajri Muyasar, Anis Abdul Lathiif, Saud Destama Panjaitan, Alusyanti Primawati

Abstract


Transformasi digital di sektor bisnis ritel, termasuk coffee shop, telah menjadi elemen kunci dalam meningkatkan efisiensi operasional dan pemahaman terhadap perilaku konsumen. Pemanfaatan data produk secara optimal memainkan peran penting dalam mendukung proses pengambilan keputusan yang mengandalkan kecepatan dan akurasi pengolahan data. Dengan informasi produk yang tepat, perusahaan dapat mengurangi risiko dan meminimalkan potensi kerugian. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan sistem informasi penjualan berbasis web dengan fitur visualisasi data yang mendukung pengambilan keputusan strategis bagi pemilik coffee shop. Sistem ini dikembangkan menggunakan framework berbasis web dan database terstruktur untuk memungkinkan pengelolaan transaksi penjualan, stok, dan data pelanggan secara real-time. Menggunakan metodologi waterfall, pengembangan sistem ini melalui tahap analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Melalui fitur visualisasi data, sistem menyajikan laporan penjualan harian, mingguan, dan bulanan serta menganalisis tren produk yang disukai pelanggan. Dengan demikian, pemilik coffee shop dapat mengoptimalkan strategi pemasaran dan operasional berbasis data, yang berpotensi meningkatkan profitabilitas bisnis.


Keywords


Sistem Informasi; Penjualan; Coffee Shop; Visualisasi Data

References


A. A. Wahid. (2020). “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” . Jurnal Ilmu-Ilmu Informatika Dan Manajemen STMIK, 1(November).

Abdurrahman, A. (2017). Metode Waterfall Untuk Sistem Penjualan. 1/12/2017, 2(1), 95 – 104. https://repository.bsi.ac.id/index.php/unduh/item/236584/Metode-Waterfall-Untuk-Sistm-Penjualan.pdf

Ari Rosemalatriasari, I. S. P. (2022). SISTEM INFORMASI PEMESANAN PADA KEDAI KOPI BERBASIS WEBSITE Ari Rosemalatriasari. Jurnal Sistem Informasi (JSI), 9.

Badrul, M. (2021). Penerapan Metode waterfall untuk Perancangan Sistem Informasi Inventory Pada Toko Keramik Bintang Terang. PROSISKO: Jurnal Pengembangan Riset Dan Observasi Sistem Komputer, 8(2). https://doi.org/10.30656/prosisko.v8i2.3852

Darmawansyah, I., & Sismiati, S. (2022). Pengembangan dan Perancangan Perjalanan Pelanggan dan Sistem Informasi Penjualan pada Coffee Shop Frekuensi Kopi. JUDICIOUS, 2(2). https://doi.org/10.37010/jdc.v2i2.655

Faittullah Akbar, M. (2023). Penerapan Metode Waterfall pada Sistem Informasi Penjualan Dan Persediaan Pada Warung Makan Hejo Karawang. Indonesian Journal Computer Science, 2(1), 29–34. https://doi.org/10.31294/ijcs.v2i1.1902

Hidayat, A., Rosdiana, A., Raditya, F. Y., & ... (2022). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Kopi (Studi Kasus: Saya Kopinuansa). … Dan Bisnis (JIKB), XIII(2). https://www.stmikdharmapalariau.ac.id/ojs/index.php/jikb/article/view/374%0Ahttps://www.stmikdharmapalariau.ac.id/ojs/index.php/jikb/article/view/374/255

Martantoh, E., & Aripudin, M. (2023). Sistem Informasi Penjualan Berbasis Web Dengan Metode Addie Pada Kedai Kopi Karawang. Journal of Innovation And Future Technology (IFTECH), 5(2), 92–101. https://doi.org/10.47080/iftech.v5i2.2721

Ramadani, R., Abdurahman, A., & Nulhakim, A. L. (2023). Perancangan Sistem Informasi Manajemen Coffee Shop Berbasis Java. Jurnal Riset Dan Aplikasi Mahasiswa Informatika (JRAMI), 4(02), 325–331. https://doi.org/10.30998/jrami.v4i02.8455

Wafiq, A., & Momon, A. (2023). Sistem Informasi Pada UMKM Kedai Jalinan Coffee. Generation Journal, 7(2), 126–132. https://doi.org/10.29407/gj.v7i2.19057




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v9i1.7951

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: