Efektivitas Learning Management System (LMS) Dalam Pembelajaran Matematika

Erlando Doni Sirait, Dwi Dani Apriyani

Abstract


Era digital menuntut sistem pendidikan untuk memanfaatkan teknologi dalam pembelajaran. E-learning hadir menjembatani jarak dan waktu dalam sistem pendidikan. Salah satu bagian dari e-learning ialah Learning Management System (LMS) atau sistem manajemen pembelajaran yang menyiapkan wadah diskusi, akses materi, dan evaluasi pembelajaran. Dengan melakukan studi literatur pada penelitian yang telah dilakukan, diharapkan memberikan pemahaman lebih baik mengenai efektivitas Learning Management System (LMS) dalam pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Learning Management System (LMS) perlu adanya penyesuaian kondisi peserta didik dengan begitu dapat meningkatkan kemampuan dan kemandirian belajar peserta didik. Fleksibilitas yang diberikan oleh LMS memudahkan peserta didik dalam pembelajaran Matematika sehingga memberikan dampak positif.


Keywords


Efektivitas; Learning Management System; Pembelajaran Matematika

References


Agustin, D. P., & Hardini, H. T. (2023). Pengembangan E-Modul Berbantuan Smart Apps Creator Berstrategi PQ4R Pada Mata Pelajaran Dasar Akuntansi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(3), 1505–1514. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i3.5331

Aprianto, A. N., Hutajulu, S. T. C., Kurniawan, H. S., & Lukas, S. (2023). Analisis Hubungan Antara Tingkat Pemanfaatan Learning Management System Dengan Efektivitas Kinerja Guru Dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(2), 241–248. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i2.1202

Astriani, L., & Ismah, I. (2023). Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan Learning Management System Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Holistika, 5(1), 54. https://doi.org/10.24853/holistika.5.1.54-60

Astuti, C. C., Sari, H. M. K., & Azizah, N. L. (2019). Perbandingan Efektifitas Proses Pembelajaran Menggunakan Metode E-Learning dan Konvensional. Proceedings of The ICECRS, 2(1), 35–40. https://doi.org/10.21070/picecrs.v2i1.2395

Bhuana, G. P., Rizkiani, S., & Aulia, F. (2022). Penggunaan Learning Management System untuk Meningkatkan Kemampuan ICT Guru Bahasa Inggris di Bandung Barat. Abdimas Siliwangi, 5(1), 1–12.

Budhayanti, C. I. S. (2023). Penggunaan Learning Management System (Lms) Moodle Pada Perkuliahan Pendidikan Matematika Di Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Psiko Edukasi, 21(1), 50–62. https://doi.org/10.25170/psikoedukasi.v21i1.4439

Dewi, F. P. U. (2021). Pemanfaatan Fitur Learning Management System (LMS) Dalam Pembelajaran Jarak Jauh (Studi Kasus Pada Guru Matematika SMK Kelompok Teknik Kabupaten Klaten). Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika (6th SENATIK), 1, 77–83.

Elifia Elifia, & Cahyo Hasanudin. (2022). Pemanfaatan Learning Management System Google Classroom sebagai media pembelajaran di era pandemi. Prosiding SENADA PBSI, 289–300. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1240

Elyas, A. H. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. Jurnal Warta, 56(1), 5–8.

Emmufida, Jupri, A., & Yulianti, K. (2021). Analisis Kemandirian Belajar Matematika Siswa Menggunakan LMS Dalam Blended Learning. Journal on Mathematics Education Research, 2(2), 101–110.

Fauziyah, S., Fauziyah, S., Ekosusilo, M., & Putra, H. K. (2022). Penggunaan LMS (Learning Management System) Berbasis Moodle Ditinjau dari Minat Belajar Mahasiswa di Masa Pandemi Covid-19. Lembaran Ilmu Kependidikan, 51(2), 88–101.

https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/LIK/article/view/36242

Haeruman, L. D., Wijayanti, D. A., & Meidianingsih, Q. (2021). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah, 5(1), 80–84. https://doi.org/10.21009/jrpms.051.10

Hidayat, T., Soepandi, Harry, Arrizqi, M. F., & Bella, Z. F. S. (2023). Alternatif Pembelajaran dengan Learning Manajemen Sistem (LMS) menggunakan Moodle. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Indonesia (JPKMI), 3(2), 128–134. https://doi.org/10.55606/jpkmi.v3i2.1719

Indrawatiningsih, N. (2021). Efektivitas Learning Management System (LMS) berbasis moodle sebagai sarana diskusi untuk meningkatkan kemampuan argumentasi matematika mahasiswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 7(2), 1–8. http://jurnal.stkippgritulungagung.ac.id/index.php/jp2mThisisanopenaccessarticleundertheCC-BYlicense.https://doi.org/10.29100/jp2m.v7i2.1898

Irnandi, I., & Fajeriani Wyrasti, A. (2021). Identifikasi Kemampuan Mahasiswa Dalam Penggunaan Learning Management System (LMS) Berbasis MOODLE di Universitas Papua. Jurnal Theorems (The Original Reasearch Of Mathematics), 6, 32–40.

Jaeni, A. (2022). Pembelajaran Berbasis E-Learning di Madrasah; Tantangan dan Peluang. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(15), 668–678. https://doi.org/10.5281/zenodo.7084141

Kurniawan, D., Ambiyar, A., Ta’ali, T., & Effendi, H. (2022). Pengembangan learning management system (LMS) terintegrasi wondershare quiz creator Pada bimbingan teknologi informasi dan komunikasi. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 432. https://doi.org/10.29210/30032041000

Misri, M. A., Arrasyid, F. I., & Sofhya, H. N. (2024). Pengembangan Aplikasi E-Learning Matematika Berbahasa Inggris untuk SMA di Wilayah III Cirebon di Abad 21. Journal of Research in Science and Mathematics Education (J-RSME), 3(1), 47–63. https://doi.org/10.56855/jrsme.v3i1.978

Munandar, A. H., Amrullah, A., Junaidi, J., & Arjudin, A. (2022). Pengembangan Media E-Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle pada Materi Trigonometri di Kelas X SMAN 1 Lingsar. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 2(3), 841–852. https://doi.org/10.29303/griya.v2i3.227

Nurcahyo, A., Ishartono, N., & Sudibyo, N. A. (2020). Implementasi Pembelajaran Interaktif Kalkulus Dengan Wolfram Cdf Player Pada Kelas Semu Schoology. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 883. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3137

Pratomo, I. W. P., & Wahanisa, R. (2021). Pemanfaatan Teknologi Learning Management System (LMS) di Unnes Masa Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(2), 547–560. https://doi.org/10.15294/snhunnes.v7i2.730

Pulungan. (2020). Kelebihan dan kekurangan e-learning berdasarkan pengalaman mahasiswa Umn Al Washliyah {The Strengths and weaknesses of e-learning based on the experience of Umn Al Washliyah Students}. Seminar Nasional, 1(1), 504–507. https://e-prosiding.umnaw.ac.id/index.php/penelitian/article/view/796

Putri, C. M., & Sulistyono, A. (2022). Pengembangan Learning Management System (LMS) sebagai Inovasi pada Pembelajaran Matematika di Masa Pasca Pandemi Covid-19. Seminar Nasional Sains, 19, 2022.

Putri, D. P. E. (2019). Implementasi E-learning Sebagai Media Pembelajaran Pada Era Milenial. Tarbawy : Jurnal Pendidikan Islam, 6(2), 86–92. https://doi.org/10.32923/tarbawy.v6i2.1238

Rafi, I., Nurjannah, F. F., Fabella, I. R., & Andayani, S. (2020). Peluang dan Tantangan Pengintegrasian Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Matematika di Indonesia. Jurnal Tadris Matematika, 3(2), 229–248. https://doi.org/10.21274/jtm.2020.3.2.229-248

Rasiman, I. (2023). Pemanfaatan Moodle Sebagai Salah Satu Alternatif Learning Management System (LMS) Bagi Mahasiswa di IAI Al Khoziny Sidoarjo. JIEES: Journal of Islamic Education at Elementary School, 4(2), 68–81.

Rosmiati, U., Supratman, S., & Madawistama, S. T. (2021). ELMA (E-Learning for Matheatics): Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis LMS (Learning Management System) sebagai Alternatif Pembelajaran di Masa Pandemi Covid-19. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 10(2), 163. https://doi.org/10.25273/jipm.v10i2.10051

Rusmini, R., Dewi, I., & Simamora, E. (2024). Implementasi Model Pembelajaran RME Berbantuan LMS-Canva sebagai Upaya Memotivasi Siswa yang Ditinjau dari Sudut Pandang Filsafat Matematika. … Jurnal Karya Ilmiah …, 9(2), 1018–1027. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/1005%0Ahttps://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/download/1005/605

Safitri, M. (2019). Penerapan Learning Management System (LMS) dalam Pembelajaran Matematika di Era Digital. Prosiding Seminar Nasional Aktualisasi Generasi Emas Pendidikan Dasar Yang Unggul Dan Berkarakter Dalam Menjawab Tantangan Revolusi Industri 4.0 Dan Menyongsong 5.0, 1(1), 53–59.

Samsuddin, Y., Rahman, A., & Nadjib, M. (2013). PEMANFAATAN E-LEARNING MOODLE PADA DI SMK NEGERI 5 MAKASSAR. Jurnal Komunikasi KAREBA, 2(1), 65–72.

Santosa, I., & Nugraha, R. A. (2022). Implementasi Learning Management System untuk mendukung Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah Menengah Kejuruan. DINAMISIA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(4), 905–914. https://doi.org/10.62712/juribmas.v1i2.26

Sari, N. M., & Hamidi, M. F. Al. (2024). Implementasi Learning Management System (LMS) sebagai Media Pembelajaran di SMK Al Azhar Banyuwangi. Journal of Indonesian Scholars for Social Research, 4(2), 79–88. https://doi.org/10.1142/9789812837066_0002

Septiani, E. (2018). Pemanfaatan E-Learning dalam Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Prosiding Pekan Seminar Nasional (Pesona), 2018.

Setiaji, A., Wulandari, D. R., & Hadisuddin. (2022). Pemanfaatan Learning Management System (LMS) Sebagai Media Pembelajaran Di Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tadulako. Kinesik, 9(1), 62–70. https://doi.org/10.22487/ejk.v9i1.337

Shafa, A. A. (2024). Implementasi Learning Management System dalam Meningkatkan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(4), 8–8. https://edu.pubmedia.id/index.php/jtp/article/view/658

Suryani, E., & Hartati, H. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Di Sman 2 Kota Bima. Edu Sociata ( Jurnal Pendidikan Sosiologi), 6(1), 115–121. https://doi.org/10.33627/es.v6i1.1135

Wirawan, P. W., & Mukid, M. A. (2017). Penerapan Learning Management System (LMS) Pada Sekolah Menengah Pertama Dan Sekolah Menengah Atas. Fakultas Sains Dan Matematika, Universitas Diponegoro, 11–16.

Wulandari, O., & Tohir, A. (2024). Penggunaan Learning Management System (LMS) Dalam Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Daring Di Perguruan Tinggi. Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(3), 10490–10496.

Yustanti, I., & Novita, D. (2019). Pemanfaatan E-Learning bagi para Pendidik Di Era Digital 4.0 Utilization of E-Learning for Educators in Digital Era 4.0’, Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang. Jurnal Univ PGRI Palembang, 12(1), 338–346. https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2543




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v9i1.7956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: