Analisis Strategi Search Engine Marketing (SEM) pada Website Online Travel Agencies (OTA)

Brahmastya Artanto, Sayyidah Maulidatul Afraah

Abstract


Sektor pariwisata terus berkembang secara global, didorong oleh kemajuan teknologi dan meningkatnya permintaan konsumen akan kenyamanan. Online Travel Agencies (OTA) memainkan peran penting dalam menghubungkan wisatawan dengan penyedia layanan. Namun, persaingan pasar yang ketat menuntut penerapan strategi Search Engine Marketing (SEM) yang efektif. Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan efektivitas strategi SEM antara Booking.com dan Traveloka, serta memberikan rekomendasi berdasarkan analisis tersebut. Cakupan strategi SEM yang dimaksud meliputi optimasi keyword, sumber traffic, perilaku user, dan strategi backlink. Melalui analisis komparatif, penelitian ini mengidentifikasi kekuatan, kelemahan, dan peluang utama dalam pendekatan SEM, serta menawarkan kerangka kerja untuk mengoptimalkan strategi pemasaran di sektor pariwisata. Temuan ini menekankan pentingnya menyeimbangkan upaya organic dan paid, menyesuaikan konten dengan user intent, dan memanfaatkan teknik analitik untuk perancangan strategi. Urgensi dari penelitian ini adalah menjadi tolak ukur bagi OTA dalam meningkatkan visibilitas, keterlibatan, dan tingkat konversi di platform digital yang kompetitif.

 


Keywords


Digital Marketing; Search Engine Marketing; Online Travel Agencies; Strategi Pemasaran Pariwisata

References


Angeloni, S., & Rossi, C. (2021). An analytical model for comparing the profitability of competing online marketing channels: Search engine marketing versus e-commerce marketplace. Journal of Marketing Theory and Practice, 29(4), 534–549.

Anjani, R. W. (2024). Implementasi Digital Marketing Dalam Mengembangkan Strategi Bisnis Digital Di Era Transformasi Digital. INTERDISIPLIN: Journal of Qualitative and Quantitative Research, 1(1), 29–40.

Award, T. B. (2024). Comparison of top brands: Agoda, Booking.com, Tiket.com, and Traveloka. Top Brand Award. https://www.topbrand-award.com/komparasi_brand/bandingkan?id_award=1&id_kategori=6&id_subkategori=543&tahun_awal=2015&tahun_akhir=2024&brand1=Agoda.com&brand2=Booking.com&brand3=Tiket.com&brand4=Traveloka.com

Basorudin, M., Afifah, N., Rizqi, A., Yusuf, M., Humairo, N., & Nugraheni, L. M. S. (2021). Analisis location quotient dan shift share sektor pariwisata sebagai indikator leading sector di Indonesia. Ecobisma (Jurnal Ekonomi, Bisnis Dan Manajemen), 8(1), 89–101.

BPS. (2024). Kunjungan wisatawan mancanegara pada April 2024 mencapai 1,07 juta kunjungan, naik 23,23 persen Year-on-Year (Y-on-Y). Badan Pusat Statistik Indonesia. https://www.bps.go.id/id/pressrelease/2024/05/02/2350/kunjungan-wisatawan-mancanegara-pada-april-2024-mencapai-1-07-juta-kunjungan--naik-23-23-persen-year-on-year--y-on-y-.html

Chaffey, D., & Smith, P. R. (2023). Digital marketing excellence: planning, optimizing and integrating online marketing. Routledge.

Department, S. R. (2024). Global tourism industry - statistics & facts. Statista. https://www.statista.com/topics/962/global-tourism/

Hayat, V. Z., Nurdin, U., & Istiqomah, I. (2021). Dampak VHO dan OTA Pada Perubahan Lingkungan dan Kehidupan Sosial. JURNAL SYNTAX IMPERATIF: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 2(5), 465–479.

Komalasari, R., Pramesti, P., & Harto, B. (2020). Teknologi Informasi E-Tourism Sebagai Strategi Digital Marketing Pariwisata. Altasia Jurnal Pariwisata Indonesia, 2(2).

Laowo, A. C., & Vanel, Z. (2024). Strategi Kampanye Digital Anggota Legislatif Untuk Meningkatkan Citra (Studi Kasus Di Kota Surakarta). Juremi: Jurnal Riset Ekonomi, 4(2), 437–456.

Makrydakis, N. (2024). SEO mix 6 O’s model and categorization of search engine marketing factors for websites ranking on search engine result pages. International Journal of Research in Marketing Management and Sales, 6(1), 18–32.

Nyagadza, B. (2022). Search engine marketing and social media marketing predictive trends. Journal of Digital Media & Policy, 13(3), 407–425.

Panchal, A., Shah, A., & Kansara, K. (2021). Digital marketing-search engine optimization (SEO) and search engine marketing (SEM). International Research Journal of Innovations in Engineering and Technology, 5(12), 17.

Prakosa, R. M. (2023). Information Technology Implementation (Digitalization) on Booking and Payment Online System to Village’s Tourism Product in Bali. Journal of Tourism and Creativity, 7(1), 32–39.

Prasetio, A., & Nursandi, W. (2022). Analisis Minat Pengguna Layanan Online Travel Agent (OTA) Pada Tiket. com di Indonesia Mengggunakan Model Pendekatan Modifikasi UTAUT 2. Jurnal Manajemen Dan Keuangan, 11(1), 36–54.

Qiao, D., Zhang, J., Wei, Q., & Chen, G. (2017). Finding competitive keywords from query logs to enhance search engine advertising. Information & Management, 54(4), 531–543.

Quinton, S., & Khan, M. A. (2009). Generating web site traffic: a new model for SMEs. Direct Marketing: An International Journal, 3(2), 109–123.




DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v9i1.7957

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by: