Perancangan Aplikasi Portal Berita Otaku Berbasis Android
Abstract
Popularitas budaya otaku yang mencakup anime, manga, dan budaya pop Jepang telah menjadi fenomena global. Namun pengguna seringkali menghadapi keterbatasan akses informasi pada topik yang spesifik dikarenakan platform media konvensional yang bersifat umum. Penelitian ini bertujuan mengembangkan sebuah aplikasi Android yang dirancang untuk terintegrasi dengan website berita yang berfokus pada dunia otaku untuk meningkatkan pengalaman pengguna melalui antarmuka yang responsif, notifikasi yang dipersonalisasi, serta fitur membaca offline. Metode yang digunakan dalam pengembangan adalah metode waterfall dimana metode ini dilakukan dengan proses yang berurutan mulai dari analisis, desain, pengembangan, pengujian, dan pemeliharaan. Penelitian ini dilakukan dengan pengumpulan data kualitatif melalui observasi dan kuantitatif dengan kuesioner. Hasil pengujian menunjukkan peningkatan dalam aksesibilitas dan kepuasan pengguna, hasil meningkat sebesar 85% dibandingkan dengan penggunaan website secara langsung. Aplikasi ini menjadi studi kasus dalam memanfaatkan platform mobile untuk memperluas jangkauan dan fungsionalitas website dengan segmen informasi khusus.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Arianto, R., Cahya, I., Santoso, N., & Amalia, F. (2019). Pengembangan Aplikasi Forum Komunitas Lovebird Berbasis Android (Vol. 3, Issue 10). http://j-ptiik.ub.ac.id
Atoillah, F., Rahul Gonza Les, A., & Amirulloh, J. (2024). Analisis Penggunaan Perangkat Android dengan Perbandingan Parameter Benjamin Sparkman. JOSIATI, 1, 141–153. https://doi.org/10.53567/josiati.v1i2.14
Kriswibowo, R., Prayogo, J., Febriana, R., & Alia, P. (2023). Implementasi Black Box Testing dan Acceptance Testing Fitur SKKM pada Cybercampus.uam.ac.id Universitas Anwar Medika. Jurnal Informatika Universitas Pamulang. https://doi.org/10.32493/informatika.v8i4.36904
Mahfudh, A., & Saputra, W. R. (2022). Perancangan User Interface User Experience Aplikasi E-Ngaji Berbasis Android Menggunakan Metode User Centered Design (UCD) Pada TPQ. Jurnal Ilmiah Intech : Information Technology Journal of UMUS, 4(02), 255–262. https://doi.org/10.46772/intech.v4i02.885
Surya Duha, D. L., Sarkum, S., Rasyid Munthe, I., & Purnama, I. (2018). Aplikasi Berita Online Berbasis Android: Studi pada Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu. Jurnal Informatika: Jurnal Pengembangan IT, 3(3), 380–386. https://doi.org/10.30591/jpit.v3i3.963
DOI: https://doi.org/10.30998/semnasristek.v9i1.7974
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Prosiding SEMNAS RISTEK indexed by:



