PKM Pelatihan Berbicara (Speaking) dan Menyimak (Listening) LKSA Ar Ridho di Rangkapan Jaya, Depok

Laila Desnaranti, Febby Pratama Putra, Wulan Yulian Anggini

Abstract


Abstrak Dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris, ada dua keterampilan yang harus dikuasai yaitu keterampilan menyimak (listening) dan keterampilan berbicara (speaking). Kedua keterampilan tersebut adalah satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan. Selain itu diperlukan juga rasa percaya diri yang cukup, mengingat bahasa Inggris merupakan bahasa asing di Indonesia. Oleh karena itu untuk dapat menyampaikan informasi dengan baik dan bisa dipahami oleh pendengar dan agar komunikasi dapat berjalan dengan lancar serta tidak terjadi kesalahpahaman ketiga hal tersebut harus dimiliki dan dikuasai. Tujuan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dengan mengadakan pelatihan menyimak (listening) serta berbicara (speaking) bahasa Inggris adalah untuk membantu anak asuh memiliki rasa percaya diri dalam berkomunikasi dengan bahasa Inggris sehingga dapat membantu mereka dalam kegiatan akademis dan juga untuk mendapatkan masa depan yang baik. Luaran yang didapatkan dari kegiatan pengabdian pada masyarakat ini adalah meningkatnya rasa percaya diri para anak asuh untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris dalam kegiatan akademis mereka.
Kata Kunci: Berbicara, Menyimak, Bahasa Inggris, Rasa Percaya Diri

Abstrac

When communicating in English, there are two skill that have to be mastered. Those are listening and speaking skills. Both skills are a unity that inseparable. Beside those skills, we also have to have enough self-confident, considering English is a foreign language for Indonesian, for able to deliver information and can be understood by the listener so that the communication can run smoothly without having misunderstanding. The purpose of this English listening and speaking training program is to help foster care children have self-confident in communicating using English. In order to help them communicate using English in their academic activities and to get a better future. The result which is expected from this workshop is the increase of foster care children self-confident in communicating using English in their academic activities.
Key words: Speaking, Listening, English, Self-confident



DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats