DESAIN KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM PADA PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS: UNIVERSITAS BUDI LUHUR)

Samsinar Samsinar, Marini Marini

Abstract


Knowledge Sharing merupakan suatu hal yang terpenting ditingkat institusi akademik, karena knowledge sharing merupakan pendekatan untuk memfasilitasi pencatatan knowledge dan mendorong efektifitas dalam berbagi dengan rekan. Dengan adanya knowledge sharing akan terjadi percepatan pada Knowledge Transfer dan pergerakan penyebaran knowledge. Universitas Budi Luhur merupakan salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi di Jakarta Selatan, yang belum menerapkan Knowledge Management khususnya Knowledge Sharing kepada para pejabat dan dosen secara optimal, dan tidak adanya kebijakan bagi para Pejabat dan dosen untuk melaksanakan Knowledge Management (Knowledge Sharing) berbasis web, sehingga menyebabkan Knowledge yang dimiliki oleh para Pejabat atau Pimpinan dan Dosen tidak tersebar dengan baik. Pada penelitian ini, peneliti mencoba mengembangkan desain knowledge management system yang bisa diterapkan dengan kondisi yang ada pada Universitas Budi Luhur. Metodologi menggunakan kerangka kerja model Tiwana, kerangka pengembangan menggunakan kerangka pengembangan Becerra-Fernandez, pembentukan knowledge menggunakan model SECI Nonaka, serta pengukuran dengan skala Likert. Hasil dari penelitian ini didapatkan sebuah model knowledge management system dan akan dikembangkan sebuah desain knowledge management system yang bisa diterapkan pada Universitas Budi Luhur.


References


Beizer, Boris (1995). Black-Box Testing: Techniques for Functional Testing of Software and Systems (Mei 1995). Wiley.

Dalkir, Kimiz. (2011). Knowledge Management in Theory and Practice (2nd ed.). MIT Press.

Fernandez, I. B., & Sabherval, R. (2015). Knowledge Management: Systems and Processes. (H. Briggs & E. Parker, Eds.). New York: Routledge.

Nonaka, Ikujiro, & Takeuchi, Hirotaka. (1995). The Knowledge-Creating: How Japanese Companies Create The Dynamics ofInnovation. Oxford University Press, 3, 25–27.

Retnoningsih, Endang, & Utami, Diyah Putri. (2013). Penerapan Kknowledge Management Pada Perguruan Tinggi ( Studi Kasus AMIK BSI Purwokerto). Prosiding SNST Ke-4 Fakultas Teknik, 1(1), 152–158.

Russell, Jesse, & Cohn, Ronald. (2012). Likert Scale. (J. Russell & R. Cohn, Eds.). Book on Demand.

Safitri, Dyah. (2014). Penerapan Knowledge Sharing Untuk Peningkatan Layanan Perpustakaan Perguruan Tinggi. Jurnal Ilmu Perpustakaan & Kearsipan Khizanah Al-Hikmah, 2(2), 153–157.

Tiwana, A. (2000). The Knowledge Management Toolkit: Practical Techniques for Building a Knowledge Management System. Prentice Hall PTR.




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.351

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats