PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA, KECERDASAN NUMERIK, DAN DISIPLIN BELAJAR SISWA

Soeparlan Kasyadi

Abstract


penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kecerdasan numerik dan disiplin belajar terhadap pemecahan masalah matematika, baik secara langsung maupun tidak langsung. Penelitian menggunakan analisis jalur, sampel yang dipilih secara acak sebanyak 68 siswa SMA Negeri di Jakarta Barat. Analisis data terdiri dari analisis deskriptif, Koefisien korelasi Pearson, penentuan korelasi dan jalan koefisien. Uji statistik yang digunakan adalah F tes dengan bantuan SPSS 22. Hasil analisis menemukan bahwa ada: 1) pengaruh langsung kecerdasan numerik terhadap pemecahan masalah matematika, 2) pengaruh langsung disiplin belajar terhadap pemecahan masalah matematika siswa, dan 3) pengaruh langsung kecerdasan numeric terhadap disiplin belajar, dan 4) pengaruh tidak langsung kecerdasan numeric terhadap pemecahan masalah matematika melalui disiplin belajar. Dengan kesimpulan bahwa pemecahan masalah matematika dipengaruhi oleh variasi variable kecerdasan numeric dan disiplin belajar.

Kata kunci: kecerdasan numerik, disiplin belajar,  pemecahan masalah matematika, dan analisis jalur.


Full Text:

PDF

References


Andriana, I. (2016). Pengaruh Efikasi Diri Dan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Metematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, (3), 539–548.

Anwar, & Jaliyuddi. (2016). Pengaruh Disiplin Dalam Belajar Matematika Terhadap Prestasi Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Viii SMP Negeri 2 Sampolawa. Edumatica, 06(April), 25–36.

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui PBL untuk Mempersiapkan Generasi Unggul Menghadapi MEA. Seminar Nasional Matematika, 10(1), 151–160.

Howard Gardner. (2006). Multiple Intellegences. Published by Basic Books. https://doi.org/10.2307/20445492

Intisari. (2017). Persepsi Siswa Terhadap Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Pascasarjana Magister PAI, 1(1), 62–71.

Irawan, A. R. I. (2014). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Penguasan Konsep Matematika TerhadapKemampuan Berpikir Kritik Matematika, 4(1), 46–55.

Jayantika, I G A N Trisna; Made Ardana, Made; sudiarta, P. I. G. P. (2013). Kontrbusi Bakat Numerik, Kecerdasan Spasial, dan Kecerdasan Logis Matematis Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SD Negeri di Kabupaten Buleleng. E-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Matematika (Volume, 2(1), 1–12.

Juliarta, F., & Surya, E. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematik Siswa Melalui Pembelajaran Matematika Realistik. Mathematic Education, 6(January), 175–186.

Muammar Syarif Mifthahurrachman. (2015). Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, Vol. XIII, No.1, Tahun 2015. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, XIII13(1), 10–19.

Noor, A. J., & Norlaila. (2014). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Cooperative Script. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 2(3), 250–259.

Nugraha, M. L. (2018). Pengaruh Kecerdasan Numerik dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Swasta Jakarta Timu. Jurnal SAP, 2(3), 262–269.

Polya, G. (2014). How To Solve It. How To Solve It. https://doi.org/10.2307/3609122

Prasasty, A. T. (2017). Pengaruh Disiplin Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Smk Bina Karya Insan Tangerang Selatan. UTILITY: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Ekonomi, 1(1), 65–74.

Rusni, A. (2018). Pengaruh Kedisiplinan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 1(1), 1–9.

Santosa, D. T., & Us, T. (2016). Faktor-faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar dan Solusi Penanganan pada Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Sepeda Motor. Jurnal Pendidikan Teknik Otomotif, 14(2), 14–21.

Stewart, V. (2009). China and U.S. Can Swap Ideas About Math and Science. Bloomington Vol. 91, Iss. 3, (Nov 2009): 94-95.

Virgana, V. (2017). Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran dan Disiplin Belajar. Faktor Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(3), 273–282.

Virgana, V., & Lapasau, M. (2019). Enhanching Strategic Planning of School Program Through SWOC Analysis. Malaysian Online Journal Of Educational Management, 7(2), 1–26.

Yunida, R. S. (2012). Hubungan Antara Tingkat Kemampuan Numerik Dengan Tingkat Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA Program SBI di SMA Nahdatul Ulama 1 GRESIK. Jurnal Psikosains, 4(1), 1–14.




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.353

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats