PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PRAKTIK-PRAKTIK KECURANGAN AKADEMIK
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan apakah perbedaan persepsi antara mahasiswa reguler pagi dan reguler sore Universitas Sangga Buana YPKP Bandung terhadap praktik-praktik kecurangan akademik. Penelitian ini dilakukan pada Program Studi S1 Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Sangga Buana YPKP Bandung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode survey dengan jumlah responden sebanyak 80 orang mahasiswa yang dikelompokkan menjadi dua kelompok berdasarkan program pendidikan yang ditempuh, yaitu mahasiswa reguler pagi 37 orang dan mahasiswa reguler sore 43 orang dengan menggunakan teknik analisis data Independent Sample t Test. Hasil penelitian menunjukkan dari hasil uji hipotesis ditemukan terdapat perbedaan yang signifikan terhadap variabel yang diuji, dengan kata lain terdapat perbedaan persepsi terhadap praktik-praktik kecurangan akademik antara mahasiswa reguler pagi dan reguler sore. Secara lebih detail, dapat diketahui mahasiswa reguler pagi memiliki persepsi positif yaitu berupa penolakan terhadap praktik-praktik kecurangan akademik. Sedangkan respon negatif ditunjukkan oleh mahasiswa reguler sore yaitu berupa penerimaan terhadap praktik-praktik kecurangan akademik.
Full Text:
PDFReferences
Aditiawati, Titi. 2018. Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa Akuntansi: Dimensi Fraud Diamond (Studi Kasus Pada Mahasiswa Prodi Akuntansi Universitas Islam Indonesia). https://sdspace.uii.ac.id/handle/123456789/652, diakses pada 18 Desember 2018.
Aulia, Farah. 2015. Faktor-faktor Yang Terkait Dengan Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal RAP UNP. Vol.6, No. 1, Mei 2015, hlm.23-32.
Bintaro, Wahyu, Edy Purwanto, dan Dyah Indah Noviyani. 2013. Hubungan Self Regulated Learning Dengan Kecurangan Akademik. Educational Psychology Journal. Vol. 2, No. 1, 2013, hlm. 65-72.
Budiman, Nita Andriyani. 2018. Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi Fraud Diamond Dan Gone Theory. Jurnal Ilmu Akuntansi. Vol. 11, No. 1, 2018, hlm. 75 – 90.
Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia (Edisi keempat). Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Ghozali, Imam. 2016. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Indonesia. 2003. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretaris Negara Republik Indonesia.
Kompas.com. 2018. Pembobolan Soal UNBK SMP Surabaya. https://indeks.kompas.com/tag/soal-unbk-smp, diakses pada 10 Desember 2018.
KumparanNews. 2017. Modus Kecurangan Mahasiswa UI yang di DO. https://kumparan.com/@kumparannews/modus-kecurangan-mahasiswa-ui-yang-di-do-juga-tercium-di-malaysia, diakses pada 10 Desember 2018.
_____________. 2018. Akademisi Tanah Air Terjerat Kasus Plagiarisme. https://kumparan.com/@kumparannews/4-akademisi-tanah-air-yang-terjerat-kasus-plagiarisme, diakses pada 12 Desember 2018.
Kurniawan, Anon. 2011. Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Psikologi UNNES. https://lib.unnes.ac.id/6871/, diakses pada 15 Desember 2018.
Mulyana, Dedi. 2010. Ilmu Komunikasi Suatu Pengantar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Murdiansyah, Isnan, Made Sudarma, dan Nurkholis. 2017. Pengaruh Dimensi Fraud Diamond Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Empiris Pada Mahasiswa Magister Akuntansi Universitas Brawijaya). Jurnal Akuntansi Aktual. Vol. 4, No. 2, Juni 2017, hlm. 121-133.
Nursani, Rahmalia., dan Gugus Irianto. 2012. Perilaku Kecurangan Akademik Mahasiswa: Dimensi Fraud Diamond. Jurnal Akuntansi Multiparadigma. Vol. 3, No. 2, hlm. 161-331.
Otaviani, Neki. 2018. Analisis Faktor-faktor Yang Mempengarui Perilaku Kecurangan Akademik (Studi Kasus Pada Mahasiswa Akuntansi Angkatan 2014-2016 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammadiyah Surakarta). http://eprints.ums.ac.id/62125/, diakses pada 22 Desember 2018.
Pamungkas, Desiana Dwi. 2015. Pengaruh Faktor-faktor Dalam Dimensi Fraud Triangle Terhadap Perilaku Kecurangan Akademik Siswa Kelas XI Akuntansi SMK 1 Tempel Tahun Ajaran 2014/2015. https://eprints.uny.ac.id/25070/, diakses pada 15 Desember 2018.
Robbin, Stephen P, Timothy A. Judge. 2015. Organization Behavior. 16th ed. Jakarta: Salemba Empat.
Rohendi, Hendi. 2018. Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Politeknik Negeri Bandung. E-Jurnal Ekonomi, Keuangan, Perbankan dan Akuntansi, Vol. 10, No. 1, Mei 2018, hlm. 71-85.
Ruankaew, Thanasak. 2016. Beyond The Fraud Diamond. International Journal of Bussiness Management and Econimic Reserch. Vol. 7. No. 1, 2016, hlm. 474-476.
Santoso, Muhamad Hadi & Helmy Adam. 2018. Analisis Perilaku Kecurangan Akademik Pada Mahasiswa Akuntansi Dengan Menggunakan Konsep Fraud Triangle (Studi Pada Mahasiswa S1 Akuntansi Kota Malang). Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya. Vol. 2, No. 2.
Sartika, Novi. 2010. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Terhadap Faktor-faktor Pemicu Kecurangan (Studi Empiris Pekanbaru). http://repository.uin-suska.ac.id/, diakses pada 06 Januari 2019.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Sulistomo, Akmal. 2012. Persepsi Mahasiswa Akuntansi Terhadap Pengungkapan Kecurangan (Studi Empiris Pada Mahasiswa Akuntansi UNDIP dan UGM). http://eprints.undip.ac.id/, diakses pada 26 Desember 2018.
TribunNews.com. 2018. Kasus Soal UNBK Di Surabaya Bocor. http://www.tribunnews.com/regional/2018/04/30/soal-unbk-smp-di-surabaya-bocor-pelaku-mengaku-hanya-melaksanakan-tuga-dari-sekolah, diakses pada 10 Desember 2018.
Umar, Husein. 2013. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis. Jakarta: Rajawali.
Zimbelman, Mark F. dkk. 2014. Forensic Accounting, Fourth Edition. Jakarta: Salemba Empat.
DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.355
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |