PERAN RADIO SEBAGAI MEDIA PEMENUHAN KEBUTUHAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (KAJIAN PERILAKU BERMEDIA PADA GENERASI Z DI KOTA BANDUNG)
Abstract
Media massa memiliki peran penting dalam masyarakat sebagai pemenuhan kebutuhan khalayak yakni informasi, pendidikan dan hiburan. Sebagai media massa, radio memiliki beberapa fungsi utama yaitu untuk menyiarkan (to inform), mendidik (to educate) menghibur (to entertain) dan untuk mempengaruhi (to influence). Radio tidak bisa terlepas dari fungsi-fungsi tersebut karena radio termasuk dalam media pers.(Sjuchro, Hariyanto, Yusup, & Abidin, 2018)
Memasuki era revolusi industri 4.0, radio mulai bertransformasi namun radio tetap menjalankan fungsi media massa. Tidak hanya radio yang bertansformasi, manusia pun mengalami masa transisi dari generasi milenial ke generasi z. Generasi z hadir dengan fasih menggunakan perangkat teknologi, senang bersosial dengan berbagai kalangan, khususnya menggunakan media sosial, generasi z juga ekspresif serta cepat berpindah dari satu pemikiran/pekerjaan ke pemikiran/pekerjaan yang lain (Wibawanto, 2016) .Karakteristik generasi z yang cepat berpindah membentuk perilaku bermedia, mempunyai kebebasan untuk memutuskan menggunakan media.
Perubahan dalam mengonsumsi media telah membentuk jenis pendengar yang terintegrasi melalui pendengar audio (siaran FM dan Streaming onlIne) dan juga pengguna (jaringan sosial dan pengembangan website radio), terlibat secara aktif dalam konteks sosial web 2.0 (Haryati, 2013)
Tujuan penelitian ini adalah mengkaji bagaimana peran radio memenuhi kebutuhan pendengar di yang ditinjau dari perilaku bermedia (penggunaan media aau media habit dan kebutuhan khalayak) pada generasi z. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan survey. Hasil penelitian adalah radio cenderung memiliki peran sebagai media penghibur dengan presentase materi yang paling disukai yaitu hiburan sebesar 87%.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Halik, A. (2013). Buku Daras Uin Alauddin Komunikasi Massa Universitas Islam Negeri (Uin).
Haryati. (2013). transformasi radio dan perubahan habits khalayak. (88), 1–28. Retrieved from http://digilib.mercubuana.ac.id/manager/t!@file_artikel_abstrak/Isi_Artikel_771434079132.pdf
Imran, H. A. (2013). Pola penggunaan media komunikasi pattern of media communication usage. 1–26.
Kriyantono, R. (2006). Teknik Praktis Riset Komunikasi.
Kusmiati, Y. (2018). WARISAN SOSIAL SEBAGAI SALAH SATU FUNGSI: Sebuah Tinjauan Komunikasi Islam. Annual Conference for Muslim Scholar, 2(April), 339–344.
Sjuchro, D. W., Hariyanto, F., Yusup, E., & Abidin, Z. (2018). PROGRAM SIARAN RADIO PEMERINTAH STURADA 104 . 00 FM DALAM MEMENUHI KEBUTUHAN AKAN INFORMASI. 3(1), 41–56.
Wibawanto, H. (2016). Generasi Z dan Pembelajaran di Pendidikan Tinggi. (Makalah dalam Simposium Nasional Pendidikan Tinggi di ITB 24 Oktober 2016). Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Yuniati, U., & Puspitasari, E. E. (2019). MOTIF PENDENGAR RADIO DI ERA PERKEMBANGAN TEKNOLOGI INFORMASI ( STUDI KEPUASAN PENGGUNAAN MEDIA PADA GENERASI Z DI BANDUNG ). J-IKA, 6(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31294/kom.v6i2.6504.g3631
DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.356
Refbacks
Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
![]() Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |