PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS DENGAN MENGGUNAKAN KAIN FLANEL

Nina Puspitaloka, Silvia Ramadhanty

Abstract


Dalam mengajar bahasa Inggris untuk anak usia RA/TK. Seorang guru harus pandai dalam memanfaatkan media pembelajaran. Media pembelajaran harus sesuai dengan karakteristik usia anak. Masih banyak guru yang belum memahami pentingnya penggunaan media yang sesuai dalam proses pembelajaran. Maka dari itu, pelatihan ini bertujuan agar para guru dapat memahami pentingnya penggunaan media dalam pembelajaran serta mampu membuat dan mengaplikasikan media tersebut sehingga anak-anak dapat lebih mudah mempelajari kosakata bahasa Inggris. Pelatihan ini bermitra dengan RA/TK Al-Bina Batujaya yang dilaksanakan sebanyak 3 kali pertemuan  yaitu pertemuan pertama observasi lapangan, pertemuan kedua yaitu pemaparan materi oleh tim abdimas, dan pertemuan ketiga praktik pembuatan media pembelajaran. Tim abdimas dalam pelatihan ini terdiri dari 1 orang dosen dan 3 orang mahasiswa sebagai asisten. Media softpage yang merupakan inovasi dari media softbook berbahan dasar kain flanel dipilih sebagai media yang akan dibuat. Selama proses pembuatan media softpage tersebut, guru-guru sangat antusias dan dapat mengikuti kegiatan dengan baik.

Kata kunci: Media pembelajaran, Kain flanel

References


Puspitaloka, N., dan Budiana, L.M. (2018). Pelatihan aplikasi hot potatoes sebagai bahan ajar berbasis ICT guna meningkatkan profesionalisme guru SDIT Telukjambe timur dan sekolah islam At-taubah Karawang. J-ADIMAS Volume 6, No.2: 79 – 83

Mufliharsi, R. (2017). Pemanfaatan busybook pada kosakata anak usia dii di paud swadaya pkk. Jakarta State University.

Annisa, M.RM., Agustin, M., dan Eliyawati, C. (2017). Pengaruh penggunaan alat permainan edukatif busybook terhadap perkembangan kecerdasan visual spasial anak.Universitas Pendidikan Indonesia.

Farida, Y.E., Andriyani, S., dan Wibowo, D.S.D. (2018). Inovasi media pembelajaran untuk meningkatkan kecerdasan linguistik anak usia dini. J-ABDIPAMAS Volume 2 No.2.

Andriyani, A., Rosdiana, A., dan Ariyanto. (2017). Capacity building guru ra asy-syafiyyah pekalongan jepara melalui edukasi ape soft book (buku bantal) berbahasa inggris dari spons ati. J-ABDIPAMAS Volume 1 No.1.

Putra, H.E. (2011). Effective strategies for teaching vocabulary to young learners. Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Batusangkar. Volume 14, No. 2.

Aini, W.N. (2013). Instructional media in teaching English to young learners: A case study in elementary schools in Kuningan. Journal of Enflish and Education, 1(1), 196-205. Indonesia University of Education




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.385

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats