PENGUJIAN KELAYAKAN SISTEM PEMESANAN KAMAR HOTEL PADA HOTEL SEHAT

Salman Alfarisi

Abstract


Tujuan awal perancangan sistem pemesanan kamar ini adalah untuk mempermudah dalam mengelola data pemesanan kamar yang terdapat di Hotel Sehat agar pekerjaan menjadi efektif dan efesien. Selain itu sistem ini dapat membantu menyelesaikan permasalahan pekerjaan dalam hal pemesanan kamar Hotel Sehat sehingga dapat terselesaikan dengan cepat, tepat, akurat guna mengefesiensikan waktu pekerjaan. Metode penelitian yang digunakan dalam sistem ini adalah studi lapangan yaitu dengan pengamatan langsung, wawancara dengan pihak terkait dan juga dengan melakukan dokumentasi untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan. Peneliti juga melakukan penelitian dengan metode kepustakaan berdasarkan referensi dan berbagai diskusi serta dari berbagai media yang memuat informasi yang dibutuhkan, menganalisis kebutuhan, perancangan, implementasi dan pengkodean, dan pengujian. Setelah itu, hal paling utama ketika sistem telah dibuat yaitu dengan melakukan pengujian sistem dengan metode ISO 9126 untuk mengetahui layak atau tidak sistem ini untuk di implementasikan. Setelah dilakukan pengujian, ternyata sistem pemesanan kamari dapat memenuhi kebutuhan akan suatu proses pemesanan kamar yang cepat dan akurat serta efektif dan efisien..


References


Kadir, A. (2013). Pengenalan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Komputer, F. I., Lampung, U. B., & Pendahuluan, I. (2003). Penggunaan Standard Iso 9126 Mengevaluasi.

Pressman, R. S. (2012). Software Engeneering A Practitioner Approach (7th Editio). New York.

Sutabri, T. (2012). Analisa Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Yakub. (2012). Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.416

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats