Uji Normalitas Gain untuk Pemantapan dan Modul dengan One Group Pre and Post Test

Mirani Oktavia, Aliffia Teja Prasasty, Isroyati Isroyati

Abstract


Dalam dunia ilmu pengetahuan, matematika disebut sebagai bahasa ilmu pengetahuan. Artinya disiplin ilmu ini merupakan pondasi dasar dari semua cabang disiplin keilmuan lainnya. Jika kemampuan matematika seseorang cukup baik, maka mudah bagi seseorang tersebut untuk menguasai keilmuan yang lain begitu juga sebaliknya. Oleh karena itu, perlu kiranya memfasilitasi peserta didik dengan berbagai hal yang dapat meningkatkan pemahamannya terhadap setiap materi dalam bidang studi matematika. Dalam penelitian ini, kami mengusulkan diadakannya kegiatan pemantapan dan penyediaan modul yang diharapkan dapat meningkatkan nilai akademik para siswa. Untuk mengukur tingkat efektivitas dari kegiatan ini, kami menggunakan uji normalitas gain dengan one group pre and post test design yang diaplikasikan pada bab himpunan di Sekolah Menengah Pertama Islam Al-Istiqomah Depok. Dari penelitian ini merepresentasikan dominasi efektivitas pada level sedang sebanyak 46,875%, disusul level tinggi dan rendah dengan persentasi yang sama sebesar 25% dan tidak efektif sebesar 3,125%. Dapat disimpulkan bahwa usulan pengadaan kegiatan pemantapan dan penyediaan modul memberi pengaruh keefektivan pemahaman para siswa terhadap materi pelajaran cukup signifikan, sehingga dapat membantu meningkatkan nilai akademik peserta didik.

Kata kunci: kegiatan pemantapan, penyediann modul, one group pre and post test,uji normalitas gain

Full Text:

PDF

References


Ching, Poon, dkk. 2002. Jurnal Working Environment and Stress: A Survey on Malaysian Employees in Commersial Banks.

Fitrianingsih R dan Musdalifah. Efektivitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Pembuatan Strapless Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Jambi. Fashion and Fashion Education Journal, 4(1)(2015): 2252-6803.

Iswara W, Gunawan A dan Dalifa. Pengaruh Bahan Ajar Muatan Lokal Mengenal Potensi Bengkulu Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, (2018) p-ISSN: 1693-8577 e-ISSN: 2599-0691.

Keys, Bernard. 1977. The Management of Learning Grid for Management Development. Academy of Management Review 2 (2): 289-297.

Partowisastro, H. Koestoer. 1984. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah-Sekolah Jilid III. Jakarta: Erlangga.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2011. Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru Pembimbing. Yogyakarta: Paramitra Publishing.

Suri F dan Mariatin E. Pengaruh Pencahayaan Ruang Kerja Terhadap Stres Kerja Karyawan Biro Perencana dan Kerjasama Universitas Sumatera Utara. Jurnal Diversita, 3(2) Desember (2017) p-ISSN: 2461-1263 e-ISSN: 2580-6793.




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.439

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats