PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TEAM BASED LEARNING (TBL) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA YANG DITINJAU DARI MINAT BELAJAR

condro werdiningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Team Based Learning (TBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika yang ditinjau dari minat belajar.Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen yang dibagi kelas eksperimendan kontrol. Sampel yang diambil dalam penelitian ini dengan menentukan kelas semester 7 pendidkan Matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta, sebanyak 2 kelas, kemudian dipilih 40 mahasiswa secara acak. Tehnik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Anava dua jalur. Hasil penelitian  iniadalah1) terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran team based Learning terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. 2) terdapat pengaruh minat belajarterhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. 3)terdapat interaksi antara penggunaan model pembelajaran team based Learning(TBL) dengan minat belajar. Implikasi dari penelitian ini adalahkemampuan pemecahan masalah matematika dipengaruhi model pembelajaran team based Learning(TBL) dan minat belajar. 


References


Altintas, L., Altintas, O., & Caglar, Y. (2014). “Modified use of team-based learning in an ophthalmology course for fifthyear”. Adv Physiol Educ, 46-48. doi:10.1152/advan.00129.2013

Bingolbali, E. (2011). “Multiple solutions to problems in mathematics teaching: do teachers really value them?”. Australian Journal of Teacher Education, 36(1), 18-31. doi:10.14221/ajte.2011v36n1.2

Danoebroto, S. W. (2017). “Interaksi budaya dan perkembangan kemampuan berpikir matematis ditinjau dari teori vygotsky dan teori bruner”. Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, 4(7), 480-488. Retrieved from http://idealmathedu.p4tkmatematika.org/articles/IME-V4.7-08-Danoebroto.pdf

Dusek, G., & Ayhan, A. B. (2014). “A study on problem solving skills of the primary boarding school”. Procedia - Social and Behavioral Science, 152, 137-142. doi:10.1016/j.sbspro.2014.09.170

Fathoni, Y., & Retnowati, E. (2017). Keefektifan Pembelajaran Matematika dengan Metode Problem Posing dan Problem Solving Ditinjau dari Kemampuan Pemecahan Masalah dan Cognitive Load untuk SMP Kelas VII. Skripsi. Yogyakarta:Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Retrieved from ePrints@UNY (Lumbung Pustaka Universitas Negeri Yogyakarta): http://eprints.uny.ac.id/52602/

Frame, T., Cailor, S., Gryka, R., Chen, A., Kiersma, M., & Sheppard, L. (2015). Student perceptions of team-based learning vs traditional lecture-based learning. American Journal of Pharmaceutical Education, 79(4), 1-11, doi:. 10.5688/ajpe79451

Hoogland, K., Koning, J., Bakker, A., U, B., Pepin, P., & Gravemeijer, K. (2017, November 28). “Changing representation in contextual mathematical problems from descriptive to depictive: The effect on students’ performance”. Studies in Educational Evaluation, 58(2018), 122-131. doi:10.1016/j.stueduc.2018.06.004

Intaros, P., Inprasitha, M., & Srisawadi, N. (2013). "Students problem solving strategies in problem solving mathematics classroom." Procedia - Social Behavioral Science 116: 4119-4123. Retrieved from: https://www.sciencedirect.com/science/article/pii/S1877042814009185

Maulana, A. S. (2013). Penerapan Strategi React untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematis Siswa. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Retrieved from Repository UPI Central Library: http://repository.upi.edu/4442/

Nurhidayah, D. A. (2015). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMA pada Implementasi Kurikulum 2013. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN “Inovasi Pembelajaran untuk Pendidikan Berkemajuan”, 804-811. Retrieved November 7, 2015, from eprints.umpo.ac.id/2774/1/Artikel%20Avita.pdf

Nurmayanti, I. (2012). Pengaruh Kompetensi Guru terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus pada Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS dI SMA PASUNDAN Se-Kota BANDUNG). Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Retrieved from Repository UPI Central Library: http://repository.upi.edu/id/eprint/4644

Pandulidinillah, P. (2012). PENGARUH KOMPETENSI GURU DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA GURU : Survey Pada Guru Yang Sudah Sertifikasi Dengan Yang Belum Sertifikasi Mata Pelajaran Ekonomi SMA Negeri Se-Kabupaten Kuningan. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung. Retrieved from Repository UPI Central Library: http://repository.upi.edu/7451/

Salinan Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 81 A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013. Retrieved from https://luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud81A-2013ImplementasiK13Lengkap.pdf

Slameto.(1995). Belajar dan factor yang mempengaruhinya. Rieneka Cipta. Bandung

Soylu, Y. (2010). "The Models used by elementary school teachers to solve verbal problems". Australian Journal of Teacher Education, 35(4), 17. doi:10.14221/ajte.2010v35n4.3

Yang, L. H., Jiang, L. Y., Xu, B., Liu, S. Q., Liang, Y. R., Ye, J. H., & Tao, E. X. (2014). "Evaluating team-based, lecture-based, and hybrid learning methods for neurology clerkship in China:a method-comparison study". BMC Medical Education, 1-7. doi:10.1186/1472-6920-14-98




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.490

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats