Analisis Kesulitan Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Advanced Mathematical Thinking pada Mata Kuliah Pengantar Teori Peluang

Andri Suryana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesulitan mahasiswa yang telah memperoleh Guided Discovery Learning berbasis PACE dan Direct Learning  pada Mata Kuliah Pengantar Teori Peluang dalam menyelesaikan soal terkait kemampuan Advanced Mathematical Thinking. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Adapun subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika yang mengambil Mata Kuliah Pengantar Teori Peluang di salah satu PTS di Jakarta Timur. Teknik sampling yang digunakan berupa purposive sampling  sedangkan instrumen yang digunakan adalah dokumen (hasil tes Kemampuan Awal Matematis dan Kemampuan Advanced Mathematical Thinking mahasiswa), lembar observasi, pedoman wawancara, dan peneliti. Data penelitian ini dikumpulkan dengan teknik triangulasi. Adapun hasil dari penelitian ini adalah mahasiswa masih mengalami kesulitan, baik secara keseluruhan maupun berdasarkan level Kemampuan Awal Matematis (KAM), dalam menyelesaikan soal Advanced Mathematical Thinking pada kedua pembelajaran (Guided Discovery Learning berbasis PACE dan Direct Learning). Namun, mahasiswa yang telah memperoleh Guided Discovery Learning berbasis PACE mengalami kesulitan yang lebih rendah daripada mahasiswa yang telah memperoleh Direct Learning.  Adapun kesulitan paling banyak yang dialami mahasiswa pada kedua pembelajaran (Guided Discovery Learning berbasis PACE dan Direct Learning) terletak pada indikator ‘menggeneralisasi’, ‘keaslian’, dan ‘mengkonstruksi bukti’.

Kata kunci: Advanced Mathematical Thinking, Pengantar Teori Peluang, Guided Discovery Learning berbasis PACE, Direct Learning


Full Text:

PDF

References


Arnawa, M., et al. (2006). Applying the APOS theory to improve students ability to prove in elementary abstract algebra. JIMS, 13 (1): 133-148.

Dasari, D. (2009). Peningkatan kemampuan penalaran statistis mahasiswa melalui model PACE. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Herlina, E. (2015). Advanced mathematical thinking and the way to enhance it. Journal of Education and Practice, 6 (5): 79-88.

Isnarto, et al. (2014). Student’s proof ability: Exploratory studies of abstract algebra course. International Journal of Education dan Research, 2 (6): 215-228.

Kusnandi (2008). Pembelajaran matematika dengan strategi abduktif-deduktif untuk menumbuhkembangkan kemampuan membuktikan pada mahasiswa. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Noer, S. H. (2010). Peningkatan kemampuan berpikir kritis, kreatif, dan reflektif (K2R) matematis siswa SMP melalui pembelajaran berbasis masalah. Published Dissertation. Bandung: UPI.

Samparadja, H., et al. (2014). The influence of inductive-deductive approach based on modified definition in algebra structure learning toward student’s proving ability viewed based on college entrance track. International Journal of Education and Research, 2 (7): 239-248.

Sugiyono. (2011). Metode penelitian kombinasi (Mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (2011). Advanced mathematical thinking dan habit of mind mahasiswa. Bahan Kuliah. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

---------------. (2013). Pembelajaran matematika. Dalam Suryadi, D., Turmudi, dan Nurlaelah, E. (Ed) Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematik serta pembelajarannya (pp. 122-146). Bandung: FPMIPA-UPI Press.

Suryadi, D. (2012). Membangun budaya baru dalam berpikir matematika. Bandung: Rizqi Press.

Suryana, A. (2014). Analisis kemampuan membaca bukti matematis pada mata kuliah statistika matematika. Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung “Infinity”, 4 (1): 84-95.

---------------. (2016). Meningkatkan advanced mathematical thinking dan self-renewal capacity mahasiswa melalui pembelajaran model PACE. Disertasi. PPs UPI Bandung: Tidak diterbitkan.

Tall, D. (2002). Advanced mathematical thinking. Boston: Kluwer




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.491

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats