PENINGKATAN PEMASARAN SANGGAR SENI SEKAR DEWATA DALAM MEWADAHI MINAT DAN BAKAT ANAK-ANAK DIFABEL

I Gusti Agung Ayu Istri Lestari, Ida Ayu Nyoman Yuliastuti, I Wayan Eka Artajaya, I Gede Cahyadi Putra

Abstract


Sekar Dewata merupakan sanggar yang mengajarkan tari tradisional dan melukis bagi anak-anak difabel dalam mengembangkan minat dan bakatnya dalam berkesenian. Dalam perkembangannya, sanggar seni ini mengalami permasalahan yaitu Sekar Dewata masih kurang dikenal dan diketahui keberadaannya oleh masyarakat luas. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka metode yang dilakukan yaitu berupa pengadaan dan pendampingan Sekar Dewata dalam usaha meningkatkan pemasaran. Hasil dari kegiatan ini yaitu Sekar Dewata memiliki website, adanya laptop untuk pengoperasionalan website sanggar Sekar Dewata dan adanya ijin operasional Sanggar Seni Sekar Dewata. Kesimpulan dari kegiatan ini yaitu pembuatan website dapat digunakan sebagai sarana pemasaran Sanggar Seni Sekar Dewata, pengadaan laptop untuk menunjang pengoperasionalan pemasaran melalui website, dan pendampingan pembuatan ijin operasional agar sanggar lebih dipercaya keberadaannya oleh masyarakat luas. Implikasi dari kegiatan yang telah dilakukan yaitu adanya peningkatan jumlah anggota Sanggar Seni Sekar Dewata dan semakin meningkatnya kepercayaan pihak dinas pemerintahan dan masyarakat umum terhadap Sanggar Seni Sekar Dewata untuk melakukan pementasan.

Kata kunci: sanggar seni, tari, lukis, difabel

ABSTRACT

Sekar Dewata is a studio that teaches traditional dance and painting for children with disabilities in developing their interests and talents in art. In its development, this art studio experienced problems, namely Sekar Dewata is still less well known and known to its existence by the wider community. Based on these problems, the method used is in the form of procurement and assistance of Sekar Dewata in an effort to increase marketing. The results of this activity are the Sekar Dewata which has a website, a laptop for operating the Sekar Dewata website and the operating license for the Sekar Dewata Art Studio. The conclusion of this activity is that website creation can be used as a marketing tool for Sekar Dewata Art Studio, procurement of laptops to support marketing operations through the website, and assistance in making operational licenses so that the studio can be trusted by the wider community. The implication of the activities that have been carried out is an increase in the number of members of the Sekar Dewata Art Studio and the increasing confidence of government agencies and the general public in the Sekar Dewata Art Studio to perform.

Keyword: art studio, dance, painting, diffable


References


CNN Indonesia (2016). Satu Juta Anak Berkebutuhan Khusus Tak Bisa Sekolah. Diakses dari: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20170829083026-20-237997/satu-jutaanak-berkebutuhan-khusus-tak-bisa-sekolah/ Fauzi, Ambar Zahra. 2017. Mengenal Anak Berkebutuhan Khusus. Geotimes. Diakses pada tanggal 20 Agustus 2018 melalui https://geotimes.co.id/opini/mengenal-anakberkebutuhan-khusus/ Kompas.com. 2018. Terbukti, anak-anak difabel itu percaya diri. Lestari, I G.A.A.I., Yuliastuti, I A.N., Artajaya, I W.E., and Putra, I G. C.. (2019). Empowerment of Sekar Dewata Dance and Painting Studio for Diffable Children. Journal of The Community Development in Asia (JCDA), 2(3), hal. 7-12. Republika. (2016). Indonesia Miliki 12 Persen Penyandang Disabilitas. Diakses dari: http://www.republika.co.id/berita/nasional/umum/16/12/16/oi9ruf384-indonesia-miliki-12persen-penyandang-disabilitas World Health Organization. (2011). World Report On Disability. Diakses dari World Health Organization: http://www.who.int/disabilities/world_report/2011/report/en/ Yuliastuti, I.A.N. Artajaya, I W.E. Susrawan, I N.A. (2018). ‘Peningkatan Kualitas Pembelajaran Sanggar Seni Tari Anak Berkebutuhan Khusus’. Jurnal Abdimas. 5(1) hal. 12-17 Yuliastuti, I.A.N., Kepramareni, P., Sugiantari, A.A.P.W., and Giri, I K.S.. (2019). Quantity And Quality Of Production The Asri Art Bone Waste Carving. Journal of The Community Development in Asia (JCDA), 2(3) hal 1-6.




DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.493

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 Institute for Research and Community Services
(LPPM) Universitas Indraprasta PGRI

Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm.


 Creative Commons License
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.



View My Stats