PERSEPSI GURU ATAS SUPERVISI DAN KEPEMIMPINAN TRANSFORMASIONAL KEPALA MADRASAH TERHADAP MOTIVASI KERJA GURU
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh persepsi guru atas kepemimpinan transformasional dan supervise kepala sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru, untuk mengetahui pengaruh persepsi guru atas kepemimpinan transformasional kepala sekolah terhadap motivasi kerja guru, dan untuk mengetahui pengaruh supervisi kepala sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru. Metode penelitian yang akan digunakan adalah survey dengan sampel berjumlah 45 guru yang dipilih secara acak dari guru madrasah ibtidaiyyah swasta di kecamatan Jati Asih kota Bekasi, Jawa Barat. Data tentang persepsi guru atas kepemimpinan transformasional, supervise kepala madrasah dan motivasi kerja guru diperoleh melalui angket yang disusun oleh peneliti. Adapun hipotesis dari penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi guru atas supervise dan kepemimpinan transformasional kepala madrasah secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru, (2) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi guru atas supervisi kepala madrasah secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru, dan (3) terdapat pengaruh yang signifikan persepsi guru atas kepemimpinan transformasional kepala madrasah secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru. Hasil uji statistik dapat diketahui bahwa nilai sig. = 0,000 < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi guru atas supervise kepala madrasah (X1) terhadap motivasi kerja guru (Y). Hasil uji statistik diketahui pula bahwa nilai sig. = 0,000 < 0,05, menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi guru atas kepemimpinan tansformasional (X2) terhadap motivasi kerja guru (Y). Dari hasil uji statistik menggunakan program SPSS 19.0 dapat diketahui bahwa nilai prob. Fhitung (sig.) < 0,05 menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan persepsi guru atas supervisi kepala madrasah (X1) dan kepemimpinan transformasional kepala madrasah (X2) secara bersama-sama terhadap motivasi kerja guru (Y). Besarnya nilai koefisien korelasi ganda (R) adalah 0,963, menunjukkan hubungan yang sangat kuat antara 2 variabel bebas yaitu : persepsi guru atas supervisi kepala madrasah (X1) dan kepemimpinan transformasional kepala madrasah (X2) terhadap motivasi guru (Y). Nilai koefisien determinasi (R2 ) adalah 0,927 menunjukkan bahwa proporsi pengaruh variabel persepsi guru atas supervisi kepala madrasah (X1) dan kepemimpinan transformasional kepala madrasah (X2) terhadap motivasi guru (Y) sebesar 92,7 % sedangkan 7,3 % dipengaruhi variabel lain.
Kata kunci: Supervisi Kepala Madrasah, Kepemimpinan Transformasional, Motivasi Kerja Guru
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.30998/simponi.v1i1.515
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Institute for Research and Community Services (LPPM) Universitas Indraprasta PGRI Address: Kampus A Building 3, 2nd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia. | |
Simposium Nasional dan Call for Paper Unindra is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. View My Stats |