Model Pembelajaran SEQIP (Science Education Quality Improvement Project) Sebagai Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar IPA

Giry Marhento, Mashudi Alamsyah, Yulistiana Yulistiana

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis apakah ada peningkatan hasil belajar IPA. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Gelam Jaya II Tangerang khususnya di kelas V. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan dengan metode proses siklus, dengan 3 siklus yaitu Siklus I, Siklus II dan Siklus III. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diperoleh data yaitu pada Siklus I dengan aktivitas belajar mengajar guru dan siswa rata-rata 48 %, siswa yang memperoleh nilai evaluasi ≥ 7,5 adalah 9 orang atau 22 % dari 40 siswa, pada siklus ke II dengan proses mengajar rata-rata 60 %, siswa yang memperoleh nilai evaluasi ≥ 7,5 adalah 26 orang atau 65 % dari 40 siswa dan pada siklus III dengan proses belajar mengajar rata-rata 80 %, siswa yang mendapat nilai evaluasi ≥ 7,5 adalah 31 orang dari 40 siswa atau 77 %. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan model SEQIP membawa dampak yang positif bagi hasil pembelajaran IPA. Implikasi hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model SEQIP dapat dijadikan salah satu model belajar untuk meningkatkan hasil belajar IPA di kelas V SDN Gelam Jaya II Tangerang.


Full Text:

PDF

References


Buku:

Alam, Nizar dan Hermana. (2008). Clasroom Action Research. Jakarta : Rahayasa

Arsyad, Azhar. (2005). Media Pembelajaran. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Depdiknas. (2003). Undang – Undang Republik Indonesia No. 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kusnandar. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Lie, Anita. (2005). Cooperative Learning. Jakarta : Gramedia.

Muslich, Masnur. (2009). Melaksanakan PTK Itu Mudah. Jakarta : Bumi Aksara.

Sanjaya, Wina. (2008). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Media Group.

Suhardjono. (2007). Penelitian Tindakan Kelas dan Karya Ilmiah. Jakarta : Depdiknas.

Suyono. (2004). Sustainbilitas Pembinaan Profesionalisme Guru Model SEQIP. Jakarta : Disdiksar.

Syaiful, Sagala. (2005). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.

Skripsi/Thesis :

Rais , Affirudin A. (2012). Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Media Science Education Quality Improvement Project pada Siswa Kelas V SDN Bonagung I. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Esmarawati , Yulita. (2011). Penerapan Model Pembelajaran SEQIP (Science Education For Quality Improvement Project) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Dan Keaktifan Pada Siswa Kelas IV SDN 03 Jatipuro Karanganyar. Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Pusvitasari, Okfi. (2011). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Pokok Bahasan Tata Surya Dengan Menggunakan Media Seqip (Science Education Quality Improvement Project). Surakarta : Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sadora, Novita (2016). Implementasi model pembelajaran SEQIP (Science education quality improvement project) terhadap hasil belajar biologi di SMA Negeri 2 Jember. Jember : Universitas Muhammadiyah Jember.

Rediyati, Ani. (2009). Peningkatan Motivasi Belajar IPA Melalui Pembelajaran Menggunakan Media Science Education Quality Improvement Project (SEQIP). Surakarta : PGSD-Universitas Negeri Solo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License