Model Pembelajaran POE (Predict Observe Explain) Solusi Alternatif Meningkatkan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam
Abstract
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis upaya meningkatkan hasil belajar ilmu pengetahuan alam siswa melalui model pembelajaran POE (Predict Observe Explain)”. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik penelitian tindakan kelas (class room action reseach) yaitu suatu tindakan yang dilakukan oleh guru untuk memperbaiki pengajaran dengan cara melakukan perubahan dan mempelajari akibat dari perubahan itu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran ilmu pengetahuan alam dengan penerapan model pembelajaran POE (Predict Observe Explain) dalam proses belajar mengajar sangat sesuai dengan hasil belajar siswa sangat tinggi, memprediksi mengobservasi dan menjelaskan, situasi belajar semakin menyenangkan dan diminati siswa. Metode penelitian dilakukan dengan melakukan pra siklus, siklus I sampai dengan siklus III siklus. Berdasarkan hasil prosentase yang diperoleh pada siklus I sebesar 71,65% dirasa kurang maksimal, kemudian diperbaiki pada siklus II, dengan hasil prosentase diperoleh adalah 82,9% dan diperbaiki untuk dilanjutkan ke siklus selanjutnya agar mendapat nilai maksimal, sedangkan pada siklus III hasil yang diperoleh 94,3%. Hal ini menunjukkan kemajuan, dimana siswa telah mendapatkan hasil belajar yang baik dari siklus I sampai dengan siklus III.
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu. (2007). Ilmu Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta : Bumi Aksara.
Arshad, Azhar. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Dalyono. (2005). Psikologi Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Dimyati dan Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.
Direktorat Tenaga Kependidikan. (2008). Strategi Pembelajaran dan pemilihannya. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Hamalik. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta : Bumi Aksara.
Karmana. (2007). Cerdas Belajar Biologi. Bandung : Raja Grafindo Persada.
Mulyasa. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Sardiman. (2010). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Rajawali Press.
Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.
Sukardi. (2009). Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Praktiknya. Jakarta : Bumi Aksara
Sumarwan. (2007). IPA SMP untuk Kelas VII. Jakarta : Erlangga.
Tirtarahardja dan La sulo. (2005). Pengantar Pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |