Pengaruh Model ProyekResponKreatifTerhadap Hasil Belajar IPA

winarto silaban

Abstract


Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Tanah JawaKabupatenSimalungun Sumatera Utara yang diberikan Model Proyek Respon Kreatif dengan siswa yang diajar dengan model konvensional. Teknik pengambilan sampel dengan yang digunakan dengan cara simple random sampling. Instrumen penelitian dengan memberikan tes yaitu sola pilihan ganda sebanyak 30 butir soal. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu kelas  yang diberi  Model Proyek Respon Kreatif dari 40 responden  dan diperoleh rata- rata skor test 80,375, dengan simpangan baku 9,01 modus 88,68 dan median 81,25. Sedangkan kelas yang diberi model konvensional  dari 40 responden diperoleh nilai rata-rata 66,75 ,dengan simpangan baku 8,73, modus 69,642 dan median 66,66. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis terbukti  ditolak dan  diterima  karena  = 9,14 dan  = 1,9811 ( > ). Dengan demikian ada perbedaan yang signifikan antara hasil belajar IPA yang diberi Model Proyek Respon Kreatif dengan hasil belajar IPA yang diberi model konvensional di SMP Negeri 1 Tanah JawaKabupatenSimalungun Sumatera Utara


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Iif Khoiru, dkk.2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Putakaraya

Arikunto, Suharsimi. 2011. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : PTBumi Aksara

Arif S. Sadiman, dkk., 1990, Media Pendidikan ( Pengertian, Pengembangan,dan Pemanfaatanya), Jakarta : CV. Rajawali.

Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa

Dimyati. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamid, Moh. Soleh. 2011. Metode Edutainmen. Diva Press.

Panut, dkk. 2010.Dunia IPA. Bogor : Yudistira.

Prawidilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Rachmawati, Yeni dan Euis Kurniati. 2010. Strategi Pengembangan Kreatifitas pada Anak Usia Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Kencana

Safari. 2008. Analisis Butir Soal. Jakarta: Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI).

Slameto. 2010. Belajar dan faktor- faktor yang mempengaruhinya. Jakarta :PT.Rineka Cipta.

Sudjana, Nana 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar. Bandung : PT RemajaRosdakarya.

Sukmadinata. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung PT RemajaRosdakarya.

Uno, Hamzah. 2011. Model Pembelajaran Menciptakan Proses BelajarnMengajaryang kreatif dan efektif. PT. Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License