Kecerdasan Spiritual dan Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika

kasih haryo basuki, Witri Lestari

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa pengaruh kecerdasan spiritual dan kecerdasan intrapersonal secara bersama-sama terhadap kemampuan penalaran matematika siswa, menganalisa pengaruh kecerdasan spiritual terhadap kemampuan penalaran matematika siswa dan menganalisa pengaruh kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan penalaran  matematika siswa. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif dengan metode survei. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif untuk mencari nilai rata-rata, modus, median, dan simpangan baku. Uji Persyaratan Analisis data meliputi Uji Normalitas, Uji Linieritas, dan Uji Multikolinieritas. Teknik pengujian Hipotesis Penelitian yang digunakan adalah korelasi dan regresi ganda. Tempat penelitihan di SMA Islamic Future Gate Bekasi, dengan teknik pengambilan sampel yaitu seluruh siswa kelas X IPA 1 dan X IPS 1 sebanyak 61 siswa. Dari hasil perhitungan disimpulkan bahwa: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan secara bersama-sama antara kecerdasan spiritual dan kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan penalaran matematika siswa, 2) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan spiritual terhadap kemampuan penalaran  matematika siswa, dan 3) Terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan intrapersonal terhadap kemampuan penalaran matematika siswa. Dengan hasil perhitungan berturut-turut F = 6,004 dan Sig = 0,004 < 0,05; nilai t = 0,329 dengan Sig = 0,743 > 0,05; dan nilai t = 2,488 dengan Sig = 0,016 < 0,05.

Full Text:

PDF

References


Darmadi. (2017). Pengembangan Model Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta: Deepublish.

Munafiah, Nida’ul, dkk. (2018). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini Berbasis Multiple Intelligences. Mojotengah: Mangku Bumi.

Nurdiansyah, Erwin. (2016). Pengaruh Kecerdasan Spiritual, Kecerdasan Emosional, Dampak Negatif Jejaring Sosial, Dan Kemampuan Berpikir Divergen Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Makassar, Vol.2, 171-184.

Pratiwi, Ria Yoni. (2017). Pengaruh Kecerdasan Intrapersonal Terhadap Kemampuan Penalaran Matematika Siswa ( Survey Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 258 Jakarta). Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI.

Sudarminta, J. (2002). Epistemologi Pengantar Filsafat Pengetahuan Dasar. Yogyakarta: Kanisius.

Tasmara, Toto. (2001). Kecerdasan Ruhaniah (Transcendental Intelligence). Depok: Gema Insani Press.

Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT. Leuser Cita Pustaka.

Yaumi, Muhammad dan Nurdin Ibrahim. (2013). Pembelajaran Berbasis Kecerdasan Jamak (Multiple Intelligences) Mengidentifikasi dan Mengembangkan Multitalenta Anak. Jakarta: Kencana.

Zohar, Danar dan Ian Marshall. (2001). SQ Memanfaatkan Kecerdasan Spiritual dalam Berpikir Integralistik dan Holistik untuk Memaknai Kehidupan. Bandung: Mizan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License