PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN MANIPULATIF TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIKA

Sudiyah Anawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh media manipulatif terhadap kemampuan berpikir kreatif matematik. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VIII SMP PGRI 3. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen menggunakan desain penelitian quasi eksperimen.Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah  probability sampling (random sampling) sampel sebanyak 66 peserta didik, terbagi menjadi dua kelas yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Instrumen kemampuan berpikir kreatif menggunakan tes tertulis berbentuk essay sebanyak 10 soal valid. Uji persyaratan analisis menggunakan uji nomalitas Chi-Kuadrat  dan uji homogenitas. Teknik uji hipotesis penelitian menggunakan statistik uji-t perbedaan dua rata-rata. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh media pembelajaran manipulatif terhadap kemampuan berpikir kreatif Matematik. Media manipulatif memberi stimulus sehingga peserta didik merasa lebih mudah memahami bentuk-bentuk dan konsep bangun ruang.

Full Text:

PDF

References


Al-Uqshari, Yusuf. 2005. Melejit dengan Kreatif. Jakarta: Gema Insani Press.

Anas, Muhammad. 2014. Mengenal Metode Pembelajaran. Pasuruan: CV. Pustaka Hulwa.

Hamdayama, Jumanta. 2014. Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan Berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Johnson, Jerry. 2011. Teaching and Learning Mathematics. Washington : State Superintendent of Public Instruction.

Muhsetyo, Gatot dkk. 2007. Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Noryati, Heni. 2014. Efektifitas Media Power Point Pada Pembelajaran Bidang Studi Bahasa Indonesia di SDN Ngelang 02 Kecamatan Maospati Kabupaten Magetan. Jurnal Ilmiah Pendidikan. Hal 106-113.

Saefudin, A. A. (Juni 2012). Pengembangan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI). Al-Badayah, 4(1), 37-48.

Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoritis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta : Alfabeta

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License