Pengembangan dan Validasi Kartu Domino Besan (Besaran dan Satuan)
Abstract
Kartu domino merupakan permainan yang sangat mudah untuk dipelajari dan dimainkan. Pada umumnya, kartu domino berisikan dua bagian yang dipisahkan oleh garis tengah dan mempunyai beberapa jumlah buletan (lingkaran) yang menunjukkan angka pada kartu tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan permainan kartu domino dengan isi merupakan materi fisika, besaran dan satuan. Di setiap kartu domino, mempunyai padangan besaran dan satuan. Metode penelitian ini adalah Research and Development ( R and D), dengan model ADDIE (analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi). Hasil dari analisis data diperoleh bahwa kriteria dari validasi materi adalah valid dan kriteria dari validasi media adalah cukup valid. Sehingga dapat disimpulan bahwa permainan kartu domino besan bersifat valid untuk digunakan dalam proses pembelajaran dan juga dapat dijadikan salah satu alternatif permainan edukasi yang menyenangkan, serta dapat membantu dalam mempelajari dan memahami pelajaran fisika, khususnya materi besaran dan satuan.
Full Text:
PDFReferences
Dermawan, N., Copriady, J., & Abdullah. (2017). Penggunaan Permainan Kartu Domino Sebagai Media Chemo-Edutaiment untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pokok Bahasan Struktur Atom dan Sistem Periodik Unsur di Kelas XI IPA SMA Negeri 9 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–13.
Hapsari, P. A., Haryono, T., & Ambarwati, R. (2016). Validitas Kartu Permainan Domino Invertebrata untuk Meningkatkan Hasil Belajar untuk Siswa Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 5(3), 151–159.
Hasibuan, E., Sohibun, & Febriani, Y. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Posing Terhadap Hasil belajar Kognitif Fisika Siswa Kelas VII MTs PP Raudatussalam Rambah Pada Konsep Besaran dan Satuan. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FKIP Prodi Fisika, 1(1).
Hermadi, R., Zulirfan, & Sudrajad, H. (2016). Desain dan Validasi Perangkat Eksperimen Induksi Elektromagnetik Alternatif Sebagai Media Pembelajaran Fisika SMA. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(1).
Jayanti, E., Azmi, J., & Erviyenni. (2017). Penggunaan Media Permainan Kartu Domino untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Reaksi Reduksi Oksidasi di Kelas X SMA Negeri 10 Pekanbaru. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 4(2), 1–10.
Melinda, V. A., Sambung, D., Ningrum, D. E. A. F., Erfantinni, I. H., & Febriani, R. O. (2018). Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif Materi Pokok Sistem Tata Surya Untuk Siswa Kelas VI SD. Madrasah : Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 11(1).
Nasution, S. W. R. (2019). Pengaruh Penugasan Pengukuran Terhadap Hasil Belajar SIswa Pada Materi Besaran dan Satuan. Jurnal Education and Development, 7(4), 175–179. https://doi.org/10.37630/jpm.v9i2.236
Sabani, R., Rahmad, M., & Nor, M. (2016). Validasi Pengembangan Multimedia Interaktif Medan Magnet Menggunakan Adobe Flash Sebagai Media Pembelajaran Fisika Kelas 12 SMA. Jurnal Online Mahasiswa Bidang Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 3(2), 1–14.
Sidarta, K. T., & Yunianta, T. N. H. (2019). Pengembangan Kartu Domano (Domino Matematika Trigono) Sebagai Media Pembelajaran Pada Matakuliah Trigonometri. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(1), 62–75. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i1.p62-75
Sinulingga, K., & Munte, D. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Mind Map Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Besaran Dan Satuan Di Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 1–6. https://doi.org/10.22611/jpf.v1i2.3186
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |