Adversity Quotient dan Locus of Control Serta Pengaruhnya Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Maya Nurfitriyanti, Novrita Mulya Rosa, Fatwa Patimah Nursa'adah

Abstract


Penelitian ini bertujuan: 1) mengetahui pengaruh adversity quotient dan locus of control terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika secara bersama-sama, 2) mengetahui pengaruh adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika, dan 3)mengetahui pengaruh locus of control terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Uji statistik yang digunakan yaitu regresi ganda. Jumlah sampel dari penelitian ini sebanyak 58 mahasiswa yang dipilih dengan menggunakan technique random sampling. Hasil dari penelitian ini yaitu 1)terdapat pengaruh yang signifikan antara adversity quotient dan locus of control terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika secara bersama-sama sebesar 31,9%; 2)terdapat pengaruh yang signifikan antara adversity quotient terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 12,5%; dan 3)terdapat pengaruh yang sigifikan antara locus of control terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 19,4%.

Full Text:

PDF

References


Abzani, & Leonard. (2017). Pengaruh Locus of Control Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Prosiding Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika. Fakultas Teknik, Matematika, Dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indraprasta PGRI., 549–558.

Ardianto, H., & Suparji. (2014). Pengaruh Locus of Control dan Aktivitas Belajar Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Statika dan Tegangan Pada Siswa SMKN 3 Surabaya. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan, 3(1), 50–58.

Hartini, D. W. (2009). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Universitas Indraprasta PGRI.

Juminah. (2016). Pengaruh Task Commitment dan Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jkpm, 02(01), 45–56. http://lppmunidra.ac.id

Leonard, & Amanah, N. (2014). Pengaruh Adversity Quotient (Aq) Dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Perspektif Ilmu Pendidikan, 28(1), 55–64. https://doi.org/10.21009/pip.281.7

Mawaddah, S., & Anisah, H. (2015). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Matematika dengan Menggunakag) di SMPn Model Pembelajaran Generatif (Generative Learning) di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 166–175. https://doi.org/10.20527/edumat.v3i2.644

Ramadhanu, M., & Suryaningrum, C. (2014). Adversity quotient ditinjau dari orientasi locus of control pada individu difabel. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 153–167.

Septiani, Y. (2016). Pengaruh Locus of Control Terhadap Prestasi Belajar Matematika. JKPM, 02(1), 118–128.

Siagian, R. E. F. (2009). Pengaruh Sikap Mahasiswa pada Matematika dan konsep Diri Terhadap Hasil Belajar Mata Kuliah Pengantar Dasar Matematika. Universitas Indraprasta PGRI.

U. S, S. (2013). Pengaruh adversity qoutient terhadap prestasi belajar matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 3(1), 61–71. http://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/112/109


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License