Penggunaan Chem Sketch untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik

Galuh Catur Wisnu Prabowo, Gamilla Nuri Utami

Abstract


Motivasi belajar yang rendah dapat menjadi penghambat pencapaian belajar peserta didik. Peserta didik SMP yang menggunakan kurikulum Cambridge dalam pembelajaran kimia dituntut untuk lebih dalam memahami konsep kimia. Penggunaan media pembelajaran yang sesuai dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik yang diharapkan nantinya akan dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kimia peserta didik kelas IX pada materi senyawa hidrokarbon menggunakan perangkat lunak Chem Sketch.  Pengumpulan data menggunakan kuisioner yang diberikan sebelum dan setelah pembelajaran. Data analisis yang digunakan adalah paired t-test dan N-Gain untuk melihat seberapa efektif penggunaan Chem Sketch dalam pembelajaran kimia. Didapatkan hasil yang signifikan pada peningkatan motivasi belajar menggunakan Chem Sketch dengan nilai signifikasi 0.00 < 0.05 sedangkan hasil nilai rata-rata N-Gain menunjukkan kategori sedang sebesar 0.56. Disimpulkan bahwa penggunaan Chem Sketch dapat meningkatkan motivasi belajar dalam pembelajaran kimia pada materi senyawa hidrokarbon untuk peserta didik SMP.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Handika, J. (2012). Efektivitas Media Pembelajaran IM3 Ditinjau dari Motivasi Belajar. Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia, 2, 109-114.

Jansoon, N., Coll, R.K. & Somsook, E. (2009). Understanding metal models of dilution in Thai students. Intern.

J. Environ. & Sci. Educ., 4, 147-168

Rice, L.(2016). Organic Chemistry through visualization. Dublin City University.

Keller, J. M. (2010). Motivational Design for LEarning and Permormance-The ARCS Model Approach. New

York: Springer.

Keller, J. M. (2016). Motivation, Learning, and Technology: Applying the ARCS-V Motivation Model.

Participatory Educational Research (PER) Vol. 3(2),1-13.

Mamatha SL, P. A. (2016). Impact of gadgets on emotional maturity, reasoning. International Journal of

Applied Research 2(3), 749-755.

Obumnenye, O.; Ahiakwo, M.J. (2013). Using stereochemistry models in teaching organic compounds

nomenclature: effects on senior secondary students' performance in riversstate of Nigeria. AJCE, 2013,

(2), 91-105.

Raiyn, J, Rayan, A.(2015). How chemicals’ drawing and modeling improve chemistry teaching in colleges of

education. World Journal of Chemical Education, Vol. 3, No. 1, 1-4.

Sarkodie, PA, et al. (2015). Improving students’ performance in naming and writing structural formulae of

hydrocarbon using ball and stick models. Chemistry Bulgarian Journal of Science Education, Volume

number 2.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License