KONTRIBUSI RESILIENSI MATEMATIS TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATAKULIAH MATEMATIKA DISKRIT

muhamad farhan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara resiliensi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematika pada matakuliah matematika diskrit. Penelitian ini didasari oleh kemampuan pemecahan masalah yang masih tergolong rendah dan mahasiswa kesulitan dalam memecahkan masalah matematika diskrit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan matematika Universitas Indraprasta PGRI Jakarta. Sampel penelitian diambil dengan teknik purposive sampling sebanyak 40 orang mahasiswa. Intrumen dalam penelitian ini adalah soal tes uraian kemampuan pemecahan masalah dan soal non tes berupa angket skala resiliensi matematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara resiliensi matematis dengan kemampuan pemecahan masalah matematis pada kategori sedang dengan kontribusi resiliensi matematis sebesar 21,10% terhadap kemampuan pemecahan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Resiliensi memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan pemecahan masalah pada kategori sedang, (2) kontribusi Resiliensi terhadap pemecahan masalah sebesar 21,10% artinya 78,90% dipengaruhi oleh faktor lain, (3) Mahasiswa yang memiliki resiliensi tinggi tidak secara langsung mampu memecahkan masalah matematika diskrit dengan baik demikian sebaliknya.

Full Text:

PDF

References


Darma, Y., Firdaus, M., & Haryadi, R. (2016). Hubungan kemandirian belajar terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika. Jurnal Edukasi, 14 (1), 169-178. Diambil dari https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/edukasi/article/view/294.

Dilla, S., C., Hidayat, W., & Rohaeti, E., E. (2018). Faktor gender dan resiliensi dalam pencapaian kemampuan berpikir kreatif matematis siswa SMA. Journal of Medives, 2 (1), 29-136. Diambil dari http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/matematika/article/view/553.

Farhan, M., & Retnawati, H. (2014). Keefektifan PBL Dan IBL Ditinjau Dari Prestasi Belajar, Kemampuan Representasi Matematis, Dan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1 (2), 227-240. Diambil dari https://doi.org/10.21831/jrpm.v1i2.2678.

Hendriana, H., Rohaeti, E., E., & dan Sumarmo, U. (2017). “Hard Skill dan Soft Skills Matematik Siswa”. Bandung: PT Refika Aditama.

Iman & Firmansyah, (2020). Pengaruh Kemampuan Resiliensi Matematis Terhadap Hasil Belajar Matematika. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sosiomadika 2019, Universitas Singaperbangsa Karawang, Desember 2019, 2 (2), 356-360. Diambil dari https://journal.unsika.ac.id/index.php/sesiomadika/article/view/2601.

Maharani, S., & Bernard, M (2018). Analisis hubungan resiliensi matematik Terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa Pada materi lingkaran Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1 (5), 819-826. Diambil dari http://dx.doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p819-826.

Rosita, C., D. (2014). Kemampuan penalaran dan komunikasi matematis: Apa, mengapa, dan bagaimana ditingkatkan pada mahasiswa. Jurnal Euclid, 1 (1), 33-46. Diambil dari http://www.fkip-unswagati.ac.id/ejournal/index.php/euclid/article/download/2/1.

Utami, R., W., & Wutsqa, D., U. (2017). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa SMP Negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166-175. Diambil dari https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897.

Widjajanti, D., B. (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematis Mahasiswa calon guru matematika:Apa dan bagaimana mengembangkannya. Makalah disajikan dalam Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY, Yogyakarta, Desember 2009.

Zanthy, L., S. (2018). Kontribusi resiliensi matematis terhadap kemampuan akademik mahasiswa pada mata kuliah statistika matematika. Jurnal “Mosharafa”, 7 (1), 85-93. Diambil dari https://doi.org/10.31980/mosharafa.v7i1.344.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License