Kahoot sebagai Media Pembelajaran Online Pada Mata Kuliah Ilmu Sosial Budaya Dasar

Halimatusha’diah Halimatusha’diah, Iis Dewi Lestari

Abstract


Media pembelajaran yang dibutuhkan oleh mahasiswa di era revolusi industri saat ini adalah dari konvensional ke mutakhir. Ragam media pembelajaran dibutuhkan agar lebih menarik dan sesuai dengan perkembangan kemajuan zaman di bidang teknologi. Kahoot merupakan media pembelajaran yang menyajikan aplikasi yang inovatif dalam pembelajaran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kondisi yang terjadi di lapangan terkait pemahaman mahasiswa tentang  aplikasi Kahoot yang digunakan sebagai media pembelajaran di kelas program studi Informatika pada bulan Januari-Februari 2020. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kahoot merupakan media pembelajaran yang interaktif, bermanfaat  dan  dapat memberikan motivasi bagi mahasiswa pada mata kuliah ISBD, 2) Kahoot dapat langsung memberikan kedisiplinan pada mahasiswa  saat pembelajaran, 3) Layar proyektor, laptop, handphoneI dan internet merupakan hal yang sangat mendukung kahoot digunakan sebagai media pembelajaran yang menyediakan games berbasis web based. 

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Ashar. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta. Raja Grafindo Persada.

Dewi Cahya Kurnia. 2018. Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Aplikasi Kahoot pada Pembelajaran Matematika Kelas X . Undergraduates Thesis. UIN Raden Intan Lampung. url: http://repository.radenintan.ac.id/id/eprint/4286.

Ewa, Zarykca-Piskorz. 2016. Kahoot It or Not? Can Games Be Motivating in Learning Grammar? Teaching English with Technology, v16 n3 p17-36 2016.

Fauzan, Rizka. 2019. Pemanfaatan Gamification Kahoot.IT Sebagai Enrichment Kemampuan Berfikir Historis Mahasiswa pada Mata Kuliah Sejarah Kolonialisme Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP Universitas Sultan Ageng Tirtayasa . Vol.2 No.1 .2019.hal. 254-262.

Irma Rasita Gloria Barus, Tatie. Penggunaan Media Kahoot dalam Struktur Bahasa Inggris. Seminar Nasional Teknologi Terapan Berbasis Kearifan Lokal . ISSBN : 978-602-719281-2.hal.589-596.

Graham, Krista, LOEX Quarterly – Volume 42, (online)

Gres Kusuma Dyah Ningrum. 2018. Studi Penerapan Media Kuis Interaktif Berbasis Game Edukasi Kahoot Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Vox Edukasi Jurnal Imliah Ilmu Pendidikan. Vol. 9 No. 1 April 2018. ISSN 2086-4450. Hl. 1-81.

Rafnis. 2018. Pemanfaatan Platform Kahoot sebagai Pembelajaran Interaktif. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan . Vol.6 No.2 . DOI: https://doi.org/10.24036/et.v2i2.101336

Rofiyarti, Fitri dan Anisa Yunita. 2017. Penggunaan Platform Kahoot dalam Menumbuhkan Jiwa Kompetitif dan Kolaboratif Anak. Jurnal AUD dan PAUD . Vol.3. No.3b Desember 2017 p-ISSN : 2599-0438, e-ISSN: 2599-042X. Hal. 164-172.

Sari, Kartika Kurnia. 2018. Kahoot : Media Pembelajaran Interaktif dalam Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional FKIP. DOI: doi.org/10.24071/snfkip.2018.19


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License