Pengenalan Media Pembelajaran Berbasis Android

Purwanti Purwanti, Dian Nazelliana, Yulian Dinihari

Abstract


Pada zaman milenial ini perkembangan teknologi sangat berkembang dengan pesat, diantaranya teknologi smartphone berbasis android. Dimana hampir semua dunia pendidikan menggunakan teknologi smartphone berbasis android. Adapun TK ikut serta dalam menggunakan teknologi android sebagai media pembelajaran. Dimana media pembelajaran yang kovesional masih kurang maksimal sehingga di perlukan media pembelajaran dengan teknologi android agar dapat maksimal dalam penyampain. karena diperlukan teknologi smartphone  sebagai media pembelajaran maka kami  tim dosen berencana mengenalkan media pembelajaran tentang Pengenalan Pakaian Adat berbasis android  sebagai gambaran tentang beragamnya pakaian adat diseluruh Indonesia. Diharapkan dengan media pembelajaran sosialisasi  terhadap guru-guru tk,kami sesuai dengan kesepakatan dengan guru guru tk Baiturrahamah.Aplikasi media pembelajaran Pengenalan Pakaian Adat dibuat menggunakan metode pengerjaan waterfall dan dibantu dengan bahasa pemrograman android. Luaran yang akan dicapai dari kegiatan ini adalah purwarupa berupa Aplikasi Pengenalan Pakaian Adat dalam bentuk media pembelajaran pada TK Baiturahmah. Dengan adanya aplikasi ini diharapkan dapat membantu pengajar dalam menfaatkan media pembealajar untuk meningkatkan Kemampuan siswa dalam menyerap materi yang di berikan oleh guru . dan juga agar anak-anak belajar dengan visualisasi yang menarik karena juga terdapat suara setiap pengenalan pakaian adatnya.

Full Text:

PDF

References


Dewi, G. P. F. (2012). Pengembangan Game Edukasi Pengenalan Nama Hewan Dalam Bahasa Inggris Sebagai Media Pembelajaran Siswa SD Berbasis Macromedia Flash. Universitas Negeri Yogyakarta.

Septarina, A. K., & Hadi, H. (2017). PERANCANGAN BOARD GAME EDUKASI PENDIDIKAN MORAL DENGAN MENGGUNAKAN TOKOH CERITA RAKYAT NUSANTARA UNTUK USIA 13–15 TAHUN. Rupa Rupa, 5(1).

Istiyanto, Jazi Eko. (2013). Pemograman Smartphone menggunakan SDK Android dan Hacking Android. Graha Ilmu. Yogyakarta.

Yundatama, Y., & Parno, P. (2015). E-learning English for Children Aplikasi Mobile Mengenal Alat Transportasi Berbasis Android. Prosiding PESAT, 6.

Maisyaroh, M., & Al Irsyadi, F. Y. (2016). Edukasi Game Pengenalan Makanan Tradisional Indonesia Menggunakan Unityi2d (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License