Perbandingan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematik Antara Siswa Menggunakan Pendekatan Open Ended Dengan CTL (Contextual Teaching And Learning)

Aliffia Teja Prasasty, Nur Arifiya

Abstract


Pemecahan masalah matematika sangat diperlukan, sehingga salah satu solusi untuk meningkatkan pemecahan masalah metematik adalah dengan cara memilih model pembelajaran yang tepat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik yang menggunakan pendekatan open ended dan CTL. Serta untuk mengetahui tanggapan siswa terhadap penggunaan pendekatan open ended dan CTL dalam pembelajaran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan populasi seluruh siswa kelas VII SMPN 5 sumedang yang berjumlah 390 siswa, sampelnya dipilih secara random yaitu kelas VII H sebagai kelompok eksperimen I yang dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended, dan kelas VII I sebagai kelompok eksperimen II yang dalam pembelajarannya menggunakan pendekatan CTL. Instrument yang digunakan adalah tes akhir dan angket yang dilaksanakan pada akhir pembelajaran. Hasil tes akhir siswa diolah dengan menggunakan uji t diperoleh thitung = 0.86 dan ttabel = -2.65 < t < 2.65. Data hasil angket diolah dengan menggunakan aturan skala Likert. Dari pengujian hipotesis menggunakan t test pada taraf signifikan 1% dapat disimpulkan bahwa tidak terdapat perbedaan kemampuan pemecahan masalah matematik antara siswa yang pembelajarannya menggunakan pendekatan open ended dengan CTL, serta tanggapan siswa positif atau mendukung terhadap penggunaan pendekatan open ended dan CTL dalam pembelajaran matematik.


Full Text:

PDF

References


Mahfudy, S., Budiyono, & Sutrima. (2011). Eksperimentasi pembelajaran CTL dan pembelajaran langsung yang berbasis assessment for learning dalam meningkatkan prestasi belajar matematika smp ditinjau dari tingkat kreativitas siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika diselenggarkan oleh FMIPA UNY, pada Juli 2011.

Sagala, Syaiful. (2011). Konsep dan makna pembelajaran untuk membantu memcahkan problematika belajar dan mengajar. Bandung: Alfabeta.

Setiana, D.S., & Jailani. (2013). Komparasi Metode CTL dan Open-Ended dengan Gaya Belajar Ditinjau dari Prestasi dan Minat Belajar. Pythagoras, 8 (2), Desember 2013 – 138

Sulianto, Joko. (2011). Keefektifan model pembelajaran kontekstual dengan pendekatan open-ended dalam aspek penalaran dan pemecahan masalah pada materi segitiga di kelas VII. Jurnal Ilmu Pendidikan, Jilid 17, Nomor 6, Oktober 2011, hlm. 454-45.

Syah, Muhibbin. (2010). Psikologi pendidikan dengan pendekatan baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Taufik, Muhammad. Pengaruh Pendekatan Open Ended Terhadap Motivasi Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMAN 5 Mataram. Jurnal AgriSains Vol. 5 No. 1., Mei 2014

Yeni Rahmawati Edy Suwito, Keefektifan Pendekatan Open-Ended dan CTL Ditinjau dari Prestasi dan Sikap Belajar Matematika. Jurnal Derivat Volume 2 No. 1 Juli 2015 (ISSN: 2407 – 3792). Halaman 45-57.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License