Pengaruh Model Pembelajaran Aktif Tipe Gourp To Group Exchange (GGE) Terhadap Kemampuan Berfikir Kreatif Matematika

Roida Eva Flora Siagian, Diah Oga Nusantari, Widad Nabihan Chaery

Abstract


Mempelajari matematika membantu kebanyakan orang untuk memiliki kemampuan berfikir kreatif. Jika setiap orang dapat mengasah kemampuan berfikir kreatfinya maka untuk mempelajari matematika tidak akan merasa sulit lagi dan akan menjadi pelajaran yang menyenangkan.Untuk menumbuhkan kemampuan berfikir kreatif siswa, salah satu model pembalajaran yang tepat untuk digunakan adalah model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE). Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis dan menguji kebenaran hipotesis mengenai pengaruh  model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika. Hipotesisi yang diuji adalah model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Populasinya adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 44 Pamulang dengan sampel sebanyak 78 siswa, teknik sampling yang digunakan yaitu Multistage Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes hasil belajar matematika dalam bentuk uraian sebanyak 15 butir soal yang telah diuji homogenitasnya dengan fhitung = 1,15 dan ftabel = 1,72. Hasil pengujian hipotesis diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada model pembelajaran aktif tipe Group to Group Exchange (GGE) terhadap kemampuan berfikir kreatif matematika.

Full Text:

PDF

References


Achdiyat, Maman, dkk. (2014). Dasar Pendidikan Sebagai Pengantar. Tangerang. PT Pustaka Mandiri.

Amalia, Nur. (2015). Pengaruh Teknik Pembelajaran dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif 1(1) : hlmn 31-45. Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta.

Oktavia, I. (2015). Pengaruh Model Pmebelajaran Kooperatif dan Kreativitas Belajar Siswa Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Formatif 1(1) : hlmn 16-30. Universitas Indraprasta PGRI. Jakarta.

Lestari, K. E. Dan Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendiidkan Matematika. Bandung. Rafika Aditama.

Rahmawati, A, dkk . (2018). Penggunaan Model Group To Group Exchange (GGE) Untuk Meningkatkan Kemampuan Comunicating. (Online). Tersedia : https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/viewFile/14572/9404. Diakses pada 23 Juni 2019.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung : Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License