Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Model Pembelajaran Core

Dedy Yuduf Aditya, Siti Julaeha

Abstract


Pembelajaran matematika di sekolah tidak terlepas dari belajar tentang konsep pembelajaran matematika. Namun pada kenyataanya siswa kurang mampu memahami konsep dasar dari materi matematika yang di ajarkan oleh guru, sehingga kemampuan siswa dalam memahami konsep belajar matematika rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat peningkatan pemahaman konsep matematika siswa melalui model pembelajaran core.  Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah komparasi. Membandingkan antara kelas eksperimen (model pembelajaran core) dengan kelas control (konvensional) pada siswa kelas X SMK pokok bahasan Operasi Aljabar dan Matrik. Eksperimen dilaksanakan di SMK PGRI 4 Jakarta Pusat dengan 60 siswa yang menjadi sampel. Teknik analisis data yaitu dengan ANAVA satu jalur. Dari hasil pengujian data diperoleh bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pemahaman konsep matematika siswa yang di ajar dengan model pembelajaran core dengan pemahamn konsep matematika siswa yang di ajar dengan model pembelajaran konvensional.

Full Text:

PDF

References


Alang, S. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru dalam Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas X Jurusan Teknik Sepeda Motor Di Smk Negeri 1 Parigi. Kinesik.

Fauziya, D. S. (2014). Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Media Massa dalam Implementasi Kurikulum 2013. Prosiding Seminar Nasional Dalam Era Teknologi.

Halim, M. (2012). Implementasi pembelajaran kelas rangkap di SDN gunungsari IV desa Gunungsari Kecamatan Bumiaji Kota Batu. … Teknologi Pendidikan-Fakultas Ilmu Pendidikan ….

Konita, M., Asikin, M., & Noor Asih, T. S. (2019). Kemampuan Penalaran Matematis dalam Model Pembelajaran Connecting , Organizing , Reflecting , Extending. PRISMA,Prosiding Seminar Nasional Matematika.

Krismanto, A. (2003). Beberapa Teknik, Model, dan Strategi dalam Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Depdiknas Dirjen Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Nugraha, J., MS, Z., & Fuad, N. (2019). PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK DENGAN METODE PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SEKOLAH DASAR. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan KALUNI. https://doi.org/10.30998/prokaluni.v2i0.37

Sukmawati, R. A., & Purnamasari, W. (2016). Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments (TGT) di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika. https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2293


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License