Pengaruh Metode “Peer Lessons” Terhadap Hasil Belajar IPA

Martua Ferry Siburian, Mashudi Alamsyah, Giry Marhento

Abstract


Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran Peer Lessons terhadap hasil belajar IPA peserta didik kelas VII SMP Bina Bangsa Mandiri 2 Cikeas . Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif yang digunakan dalam penelitian terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Instrumen untuk mengumpulkan data pada penelitian berupa tes pilihan ganda yang terdiri dari 23 butir soal. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar peserta didik pada kelas eksperimen yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran Peer Lesson diperoleh nilai rata-rata 83, simpangan baku 7,84, median 83, dan modus 77 dan 86. Pada kelas kontrol yang diajar dengan metode konvensional diperoleh nilai rata 76, simpangan baku 7,64, median 77 dan modus 82. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t, dan berdasarkan perhitungan uji-t menunjukkan thitung = 3,82 dan ttabel = 2,0294 pada taraf signifikansi 5% atau (a = 0,05) dan derajat kebebasan (dk = 48) yang berarti thitung> ttabel (3,82>2,0294), maka H0 ditolak dan H1 diterima.Dengan demikian penelitian menunjukkan hasil belajar IPA dengan menggunakan metode pembelajaran Peer Lessons lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan metode konvensional.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini. 2006. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2000. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Purwanto, M. Ngalim. 2000. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Slameto. 2001. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Nasco.

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Belajar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supardi, U.S. 2012. Aplikasi Statistika dalam Penelitian. Jakarta: Ufuk Publishing House.

Suryosubroto,B. 2000. Proses belajar mengajar di sekolah. Jakarta: Rineka cipta.

Syafaruddin & Irawan Nasution. 2005. Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Quantum Teaching.

Zaini, Hisyam. 2008. Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License