Pengaruh Media Instructional Content Terhadap Hasil Belajar IPA
Abstract
Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang diberikan Media Instructional Content dengan siswa yang diajar dengan media konvensional. Teknik pengambilan sampel dengan yang digunakan dengan cara simple random sampling. Nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan Media Instructional Content sebesar 74,75 sedangkan nilai rata-rata kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional sebesar 68. Berdasarkan analisis persyaratan data dengan menggunakan Liliefors, pengujian normalitas untuk kelas eksperimen Lo = 0,162 dan Ltabel = 0,190 sehingga Lo < Ltabel maka data berdistribusi normal. Sedangkan pengujian untuk kelas kontrol Lo = 0,07 dan Ltabel = 0,190 sehingga Lo < Ltabel maka data berdistribusi normal. Pengujian homogenitas dengan uji F dimana Fhitung = 1,27 dan Ftabel = 2,16 sehingga Fhitung < Ftabel maka data homogen. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji-t maka di dapat thitung > ttabel atau (2,65 > 2,03), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat pengaruh Pengaruh Media Instructional Content terhadap Hasil Belajar IPAdi SMP Negeri 1 Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Sumatera Utara
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Iif Khoiru, dkk.2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Putakaraya
Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
----------- 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara
Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikedisi revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta
Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga
Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa
Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta
Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Prawidilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana
Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara
Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjuan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |