Pengaruh Media Instructional Content Terhadap Hasil Belajar IPA

Gunaria Siagian

Abstract


Tujuan Penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan antara hasil belajar siswa yang diberikan Media  Instructional Content dengan siswa yang diajar dengan media konvensional. Teknik pengambilan sampel dengan yang digunakan dengan cara simple random sampling. Nilai rata-rata siswa yang diajarkan menggunakan Media  Instructional Content sebesar 74,75 sedangkan nilai rata-rata kelas yang diajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional sebesar 68. Berdasarkan analisis persyaratan data dengan menggunakan Liliefors, pengujian normalitas untuk kelas eksperimen Lo = 0,162 dan Ltabel = 0,190 sehingga Lo < Ltabel maka data berdistribusi normal. Sedangkan pengujian untuk kelas kontrol Lo = 0,07 dan Ltabel = 0,190 sehingga Lo < Ltabel maka data berdistribusi normal. Pengujian homogenitas dengan uji F dimana Fhitung = 1,27 dan Ftabel = 2,16 sehingga Fhitung < Ftabel maka data homogen.  Berdasarkan pengujian hipotesis dengan uji-t maka di dapat thitung > ttabel atau (2,65 > 2,03), maka H0 ditolak dan H1 diterima. Terdapat pengaruh Pengaruh Media  Instructional Content terhadap Hasil Belajar IPAdi SMP Negeri 1 Tanah Jawa Kabupaten Simalungun Sumatera Utara


Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Iif Khoiru, dkk.2011. Strategi Pembelajaran Sekolah Terpadu. Jakarta: PT. Prestasi Putakaraya

Arikunto, Suharsimi. 2002. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

----------- 2005. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktikedisi revisi VI. Jakarta: Rineka Cipta

Dahar, Ratna Wilis. 2011. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga

Dananjaya, Utomo. 2010. Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. 2006. Strategi Belajar Mengajar edisi revisi. Jakarta: Rineka Cipta

Hamalik, Oemar. 2005. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Prawidilaga, Dewi Salma. 2007. Prinsip Desain Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Sudjana, Nana. 2005. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2009. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif – Progresif. Jakarta: Kencana

Uno, Hamzah B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara

Wena, Made. 2009. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjuan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License