Analisis Hasil Pembelajaran HOST Dalam Mengukur Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Materi Kingdom Fungi

Deni Nasir Ahmad

Abstract


Tujuan dari kegiatan penelitian ini yakni menganalisis perbedaan antara pembelajaran dengan soal HOTs dengan pembelajaran tanpa soal HOTS dalam mengukur kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Teknik pengambilan data dengan pemberian intrumen soal dan observasi. 2 kelompok ini telah diberikan pembelajaran sebelumnya oleh para guru di kelas-kelas masing-masing kelompok tersebut. Namun peneliti membuat 2 kelompok berbeda dimana 1 soal secara umum yakni dari soal buku ulangan harian dan 1 soal lainnya diambil dari soal ulangan harian yang dimodifikasi peneliti. Hasil dari penelitian ini adalah menunjukkan bahwa pembelajaran yang diberikan pada kelompok kontrol lebih banyak melakukan tindakan pemberian konsep saja tanpa diajak untuk melakukan pengujian suatu konsep atau berpikir tingkat tinggi atau HOTs. Sedangkan pembelajaran pada kelompok eksperimen lebih banyak kegiatan ketermanfaatan suatu konsep dengan mengajak peserta didik berpikir secara positif atas suatu konsep tersebut dapat dimanfaatkan menjadi suatu produk. Kesimpulan dari penelitian adalah dari hasil yang telah dipaparkan menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kreatif dengan menggunakan soal HOTs harus dimulai dari tahapan awal sebelum melakukan kegiatan pembelajaran dengan membangun kemampuan memahami masalah sehingga konsep yang ingin dibangun dapat tersampaikan.

Full Text:

PDF

References


Dinni, Husna Nur. 2018. HOTS (High Order Thinking Skills) dan Kaitannya dengan

Kemampuan Literasi Matematika. PRISMA, Prosiding Seminar Matematika, volume : 1, 2018. Https://Journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma

Setiawati, Wiwik, dkk. 2018. Buku Penilaian Higher Order Thinking Skills Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran Berbasis Zonasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Fanani, Moh. Zainal. 2018. Strategi Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill (Hots) Dalam Kurikulum 2013. Edudeena, Vol.II, No.1 Januari 2018, 57-76.

Putra, Tomi Tridaya, Irwan, Dodi Vionanda. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, : Part 3 Vol. 1 No. 1 (2012) : Hal. 22-26

Fardah, Dini Kinati. 2012. Analisis Proses dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dalam Matematika Melalui Tugas Open-Ended. Jurnal Kreano, Volume 3 Nomor 2 Desember 2012.

Putra, Sitiatava Rizema, Nadia Putri. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta : Diva Press, 2013.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License