Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Vera Ferdiana, Fauzi Mulyatna

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui sejauh mana Pengaruh Pemahaman Konsep Matematika yang menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Konvensional. Metode yang digunakan adalah metode eksperimen. Penelitian yang digunakan adalah dengan membandingkan variabel-variabel yang diteliti serta mencari hubungan antar variabel.Setelah peneliti mengadakan penelitian dan menganalisis data akhirnya peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara pemberian Model Pembelajaran Kooperatif dengan Model Pembelajaran Konvensional terhadap pemahaman konsep Matematika. Hal tersebut terbukti dari hasil belajar perhitungan uji t yang menunjukkan bahwa thitung  > ttabel  untuk taraf signifikan α = 0,05

Full Text:

PDF

References


Fauzi, M.N., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). THE EFFECT OF MAKE A MATCH (MAM) TYPE MODEL AND BAMBOO DANCE TYPE MODEL THROUGH COOPERATIVE LEARNING ON STUDENTS MOTIVATION. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1): 27-32. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3511

Nasution, M.D., & Prastika, C. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Make-A Match (MAM) Pada Materi Limit Fungsi di Kelas XI MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 1(1). http://doi.org/10.3059/jppp.v1i1.3059

Soekidjo, N. (2012). Metode Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Soinbala, H., & Mulyatna, F. (2019). PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN METAKOGNITIF DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA. De Fermat : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 46-56. https://doi.org/https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.39

Soleha. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Gayau Sakti Tahun Pelajaran 2014/2015. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1): 68-74. http://dx.doi.org/10.24127/ajpm.v5i1.467

Sriyanti, A. (2015). Komparasi Keefektifan Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Kooperatif Tipe Talking Stick dengan Tipe Make A Match pada Siswa Kelas VII SMP LPP UMI Makassar. MaPan: Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 3(1): 20-29. https://doi.org/10.24252/mapan.2015v3n1a3

Supardi. (2013). Aplikasi Statistika dalam Penelitian Konsep Statistik yang Lebih Komprehensif. Jakarta: PT. Prima Ufuk Semesta

Usman, H. (2006). Pengantar Statistika. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Zakiah, I., & Kusmanto, H. (2017). PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KREATIVITAS SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA. EduMa: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1): 32-43. http://dx.doi.org/10.24235/eduma.v6i1.1660


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License