Penerapan Metode Role Playing Menggunakan Media Digital dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial dan Bahasa Siswa

Yulian Dinihari, Solihatun Solihatun

Abstract


Penelitian ini atas dasar permasalahan masih rendahnya keterampilan sosial siswa dan bahasa pada anak usia dini. Adanya dunia teknologi semakin membuat anak sulit untuk berinteraksi di dunia nyata. Maka dari itu peneliti ingin mengkaji lebih tentang bagaimana meningkatkan keterampilan sosial dan bahasa anak usia dini melalui metode role playing menggunakan media digital dalam hal ini adalah program java di PAUD Putra Putri Pademangan Barat. Rumusan masalahnya sebagai berikut, 1) Bagaimana kondisi keterampilan sosial dan bahasa anak sebelum diterapkan metode role playing menggunakan program java di PADU Putra Putri Pademangan Barat? 2) Bagaimana proses penerapan metode role playing menggunakan program java dalam meningkatkan keterampilan sosial dan bahasa anak di PAUD Putra Putri Pademangan Barat? 3) Seberapa besar peningkatan keterampilan sosial dan bahasa anak PAUD Putra Putri Pademangan Barat setelah diterapkan metode role playing menggunakan program java? 4) Kendala apa saja yang dihadapi oleh guru dalam menerapkan metode role playing menggunakan program java di PAUD Putra Putri Pademangan Barat?. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang peningkatan keterampilan sosial dan bahasa anak di di PAUD Putra Putri Pademangan Barat menggunakan metode role playing menggunakan program java. Metode penelitian yang dilakukan adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) untuk memperbaiki proses pembelajaran keterampilan dan bahasa anak melalui penerapan role playing menggunakan program java. PTK dilakukan melalui tiga siklus, yaitu terdiri dari prasiklus, siklus 1, dan siklus 2. Subjek penelitian adalah anak TK B  yang rentan usianya sekitar 5 - 7 tahun yang berjumlah 20 orang dalam satu kelas. Dari hasil dan pelaksanaan dan observasi oleh peneliti. Didapatkan data berupa terjadi peningkatan yang cukup besar terutama pada siklus kedua. Disarankan bagi guru keterampilan sosial dan bahasa harus lebih dikembangkan lagi, baik dalam pembelajaran, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Dhieni, N. (2009). Metode Pengembngan Bahasa. Jakarta: Universitas Terbuka.

Dinihari, Y; Nazelliana, D. P. (2019). Lingua Rima: Jurnal Pendidikan Program Studi Bahasa dan Sastra Indonesia Vol. 7 No. 1 Januari 2018. Lingua Rima, 7(1), 53–68. Retrieved from http://jurnal.umt.ac.id/index.php/lgrm/article/view/2396

Galing, H. A., & Lestari, A. D. (2010). Pembuatan Aplikasi Widget Untuk Monitoring Saham. Yogyakarta: STMIK Amikom.

Hamdayama, J. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif dan berkarakter. Bogor: Ghalia Indonesia.

Hilmi, M. (2018). Penerapan Metode Role Playing dalam Meningkatkan Keterampilan Berbicara Anak dan Kecerdasan Sosialnya. PALAPA. https://doi.org/10.36088/palapa.v6i2.71.

Janice J. Beaty. (2014). Observasi Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Kolnel, O. M. H., & Zendrato, J. (2019). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I PADA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR XYZ GUNUNGSITOLI, NIAS [IMPLEMENTATION OF THE ROLE PLAYING METHOD TO IMPROVE GRADE 1 STUDENTS’ SPEAKING SKILLS IN AN INDONESIAN LANGUAGE LESSON AT PRIMARY SCHOOL XYZ GUNUNGSITOLI, NIAS]. Polyglot: Jurnal Ilmiah. https://doi.org/10.19166/pji.v15i2.1058

Partini, D. (2010). Pengantar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Grafindo Litera Media.

Sallaby, A. F., Utami, F. H., & Arliando, Y. (2015). Aplikasi Widget Berbasis Java. Jurnal Media Infotama, 11(2), 171-180.

Siska, Y. (2011). PENERAPAN METODE BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING) DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KETERAMPILAN BERBICARA ANAK USIA DINI. Procedia - Social and Behavioral Sciences. https://doi.org/10.31289/jppuma.v1i1.548

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Sukmawati, R., Dewi, E. K., & Indriati, R. (2016). Implementasi Metode SMART untuk Mengidentifikasi Perkembangan Anak dalam Mengikuti Ekstra. Nusantara Of Engineering, 3(1), 59-64.

Zaini, Hisyam Bermawy Munthe, dan Sekar Ayu Aryani. (2007). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: Institut Agama Islam Negeri Sunan Kalijaga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License