Pemahaman Konsep Ilmu Pengetahuan Alam ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa

Mamik Suendarti, Hasbullah Hasbullah

Abstract


Pemahaman konsep merupakan salah satu kecakapan atau kemahiran matematika yang diharapkan dapat tercapai dalam belajar matematika yaitu dengan menunjukkan pemahaman konsep matematika yang dipelajarinya, menjelaskan keterkaitan antar konsep dan mengaplikasikan konsep atau algoritma secara luwes, akurat, efisien, dan tepat dalam pemecahan masalah. Penelitian ini bertujun untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar terhadap pemahaman konsep Ilmu Pengetahuan Alam di Karawang. Penelitian dilaksanakan dalam bentuk penelitian survey Korelasional dengan jumlah sampel 115 yang diambil secara acak sederhana. Metode pengumpulan data dilakukan dengan kuesiner untuk motivasi belajar dan test untuk pemahaman konsep IPA siswa. Analisis data mengunakan regresi linier sederhana dengan terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, linieritas, dan multikolenieritas. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap pemahaman konsep IPA siswa.

Full Text:

PDF

References


Djaali. (2008). Skala Likert. Jakarta: Pustaka Utama

Kesumawati, N. (2008). Pemahaman Konsep Matematik dalam Pembelajaran Matematika.Jurnal.Pendidikan Matematika, 3 (2).45-61.

Kilpatrick, J., Swafford, J., & Findell, B. (Eds.). (2001). Adding it Up: Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: National Academy Press

Kurniawan, R. (2006). Pembelajaran Dengan Pendekatan Kontekstual Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematik Siswa SMK. Tesis Tidak diterbitkan. Bandung: PPs UPI

Media Harja. (2012). Pemahaman Konsep Matematis. Tersedia dalam : http://mediaharja.blogspot.com/2012/05/pemahaman -konsep-matematis. html. Diaskes 14 juni 2018

Rohana. (2011). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa FKIP Universitas PGRI. Palembang :Prosiding PGRI

Ruseffendi, E.T. (2005). Dasar-Dasar Penelitian Pendidikan & Bidang Non-Eksakta Lainnya. Bandung: Tarsito

Syafaruddin dan Nasution, I. (2005). Manajemen Pembelajaran. Jakarta: Quantum Teaching

Syah.M (2004). Psikologi Pendidikan. Bandung : Rosda Karya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License