Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dengan Menggunakan Modul Digital Visual Basic Applications (VBS) Powerpoint
Abstract
Berpikpir kritis merupakan suatu karakteristik yang dianggap penting untuk diajarkan di sekolah pada setiap jenjang. Maka sudah seharusnya guru menggunakan bahan ajar sebagai sumber belajar untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bahwa dengan menggunakan modul digital visual basic applications (VBA) powerpoint dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen before-after dengan tipe One-Group Pretest-Posttest Design dengan menggunakan metode analisis Uji Paired T-Test. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil Paired Sample Correlations signifikansi 0,000 dibawah 0,05, berarti ada perbedaan keterampilan berpikir kritis siswa sebelum dan setelah menggunakan modul digital visual basic applications (VBA) powerpoint. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan modul dapat meningkatkan (mempengaruhi) keterampilan berpikir kritis siswa.
Full Text:
PDFReferences
Amri, S. & Ahmad, I. K. (2010). Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif dalam Kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustaka
Daryanto. (2010). Belajar dan Mengajar. Bandung: Yrama Widya
Daryanto. (2013). Menyusun Modul Bahan Ajar Untuk Persiapan Guru Dalam Mengajar. Yogyakarta: Gava Media
Rianto, Y. (2009). Paradigma Baru Pembelajaran Sebagai Reverensi Pendidik Dalam Implementasi Pembelajaran yang Efektif dan Berkualitas. Jakarta: Kencana
Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Faculty of Mathematics and Sciences Universitas Indraprasta PGRI Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. |
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. |