Pengaruh Persepsi Siswa Atas Lingkungan Sekolah dan Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial

Maman Achdiyat

Abstract


Penelitian ini merupakan survey, dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa atas lingkungan sekolah dan kedisiplinan terhadap prestasi belajar Ilmu Pengetahuan Sosial. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei dengan teknik acak sederhana. Sampel berjumlah 89 Siswa yang dipilih secara random dari seluruh siswa SMP Negeri di Jakarta Selatan.Analisis data menggunakan statistika deskriptif untuk mencari mean, median, standar deviasi, dan statistika inferensial guna mencari koefisien korelasi sederhana dan ganda yang dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien korelasi dengan uji t. Hasil penelitian adalah sebagai berikut : terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas lingkungan sekolah dan  kedisiplinan secara bersama-sama terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa, terdapat pengaruh yang signifikan persepsi siswa atas lingkungan sekolah terhadap Prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa, terdapat pengaruh yang signifikan kedisiplinan terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa persepsi siswa atas lingkungan sekolah dan kedisiplinan mempunyai pengaruh terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa.

Full Text:

PDF

References


Arisana, A. L., & Ismani, I. (2012). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Dan Persepsi Siswa Tentang Kualitas Mengajar Guru Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Siswa Kelas Xi Ips Man Yogyakarta Ii Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(2), 22–42. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i2.911

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh Motivasi BelajarSiswa Terhadap Prestasi Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 81–86.

Hamidah, A., Novita Sari, E., & Budianingsih, R. S. (2014). Persepsi Siswa Tentang Kegiatan Praktikum Biologi Di Laboratorium Sma Negeri Se-Kota Jambi. Jurnal Sainmatika Vol, 8(1), 49–59. Retrieved from http://download.portalgaruda.org/article.php?article=308218&val=899&titleKusnarti, G. (2019). Pengaruh Persepsi Siswa atas Lingkungan Sekolah dan Disiplin Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris.

Latief, S., & Jamil, D. (2017). Pengaruh motivasi berprestasi dan persepsi siswa tentang cara guru mengajar terhadap hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 212–223.

Saputro, S. T., & Pardiman, P. (2012). Pengaruh Disiplin Belajar Dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2009 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 10(1), 78–97. https://doi.org/10.21831/jpai.v10i1.923

Studi, P., Teknologi, P., & Belajar, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. 5(2), 168–181.

Sulfemi, W. B. (2018). Pengaruh Disiplin Ibadah Sholat, Lingkungan Sekolah, Dan Intelegensi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 16(2), 166–178. https://doi.org/10.32729/edukasi.v16i2.474

Wirantasa, U. (2017). Pengaruh Kedisiplinan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(1), 83–95. https://doi.org/10.30998/formatif.v7i1.1272


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License