Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa

Retno Nengsih, Sita Sari Safitri, Mailizar Mailizar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa pada materi Peluang. Penelitaian ini bersifat eksperimen quasi yang dilakukan terhadap siswa kelas VIII SMP Al Huda Cengkareng, Jakarta Barat. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching, sedangkan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran student facilitator and expalining. Data penelitian diperoleh melalui: tes tertulis pada kelas eksperimen maupun kelas kontrol. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa rata-rata kemampuan kelas eksperimen 63,5 dan kelas kontrol sebesar 53,9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran reciprocal teaching lebih baik daripada model pembelajaran student facilitator and expalining dalam meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika, karena dengan menggunakan model pembelajaran reciprocal teaching peserta didik menumakan suasana baru, berkumpul dengan anggota kelompok lain, merangkum materi belajar, dan menjelaskannya dihadapan peserta didik yang lain. Hal tersebut dapat melatih kemampuan kerja sama peserta didik. Sehingga terdapat pengaruh model pembelajaran reciprocal teaching terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika.

Full Text:

PDF

References


Fitrah, Muh. (2016). Model Pembelajaran Matematika Sekolah (Kajian Perspektif Berdasarkan Teori dan Hasil Riset). Yogyakarta: Deepublish.

Huda, Miftahul. (2014). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Komalasari, Kokom. (2010). Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Rachmasari, Desti Nur. (2016). Pengaruh model pembelajaran Talking Stick Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2016, Vol 2. Jakarta: Unindra Press.

Rustaman, Nuryani. (2011). Materi dan Pembelajaran IPA di SD. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sani, Ridwan Abdullah. (2013). Inovasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiadi, Yudi. 2011. Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Kooperatif Dengan Teknik Think pair square. Tesis. Bandung: UPI.

Shoimin, Aris. (2017) (Cet.II). 68 Model Pembelajaran INOVATIF dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Slavin, Robert E. (2009). Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Suprijono. (2012). Cooperative Learning.. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Trianto. (2010). Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstuktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Trianto. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, dan Kontekstual. Jakarta: Prenadamedia Group.

Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Pendidikan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License