Pengembangan Modul Pembelajaran Sistem Imun Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata Kuliah Fisiologi Hewan

Efri Gresinta

Abstract


Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa menggunakan modul sistem imun. Penelitian dilakukan terhadap 38 mahasiswa semester 4 jurusan pendidikan MIPA program studi Pendidikan Biologi FKIP UNIB.  Metode penelitian terdiri dari studi pendahuluan yang merupakan tahap persiapan penyusunan modul, pengembangan modul dan penyusunan modul., validasi ahli serta uji coba terbatas. Data penelitian diperoleh dari pretest dan postest dianalisis menggunakan uji Saphiro Wilk, jika normal akan dilanjutkan dengan uji-t tak mandiri,apabila tidak normal akan dilanjutkan dengan uji peringkat bertanda Wilcoxon. Dari hasil analisis uji t tidak mandiri dapat diketahui terdapat peningkatan hasil belajar mahasiswa menggunakan modul sistem imun secara signifikan dengan rata-rata nilai pretest sebesar 5,89 dan nilai posttest sebesar 7,69.

Full Text:

PDF

References


Dick and Carey.2007. Komponen Strategi Pembelajaran. http://KomponenStrategiPembelajaran/2007/08/17/. Jakarta : Balai Pustaka. Diakses tanggal 24 Maret 2012

Gary. R, Morrison, Steven M, Ross, Jerrold E Kemp. 2001. Designing Effective Instruction, Third Edition John Wiley and Sons, inc printed in the USA.

Mudhoffir. 1999. Pembelajaran Insruksional. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Rosda

Supratno. 2004.Statistik Teori dan Aplikasi. Jakarta: Erlangga


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License