Pengaruh Motivasi Belajar dan Pola Asuh Keluarga Terhadap Kemampuan Literasi Sains

Rahmat Syah, Riza Astuti Juli Winarno, Irvan Kurniawan, Muhammad Yusron Robani, Natasya Nur Khomariah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kemampuan Literasi Sains  anak yang dipengaruhi oleh faktor motivasi belajar dan pola asuh keluarga kepada mahasiswa yang berada di Jakarta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang kami gunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode observasi dan angket uji regresi dengan menggunakan program bantu SPSS 26 For Windows Program. Responden penelitian ini adalah mahasiswa di Jakarta dengan pengambilan sampel sebanyak 100 responden dengan karakteristik mahasiswa/mahasiswi yang terdaftar dan aktif menjalani kegiatan belajar mengajar di Universitas yang berada di Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh motivasi belajar terhadap Kemampuan Literasi Sains  berpengaruh secara signifikan dan pola asuh keluarga terhadap Kemampuan Literasi Sains  berpengaruh secara signifikan. Hasil tersebut berasal dari 100 responden yang diambil secara acak..

Full Text:

PDF

References


Draper, N. R., & Smith, H. (1998). Applied regression analysis (Vol. 326): John Wiley & Sons.

Fernald, L. D. (1987). Of windmills and rope dancing: The instructional value of narrative structures. Teaching of Psychology, 14(4), 214-216.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 90-96.

Hamzah, H., & Motivasi, T. (2011). Pengukurannya; analisis di bidang pendidikan. In: Jakarta.

Huitt, W. M. t. l. A. o. E. p. i., 12. (2001). Motivation to learn: An overview. Educational psychology interactive, 12.

Ikhsanudin, & Subali, B. (2018). Content validity analysis of first semester formative test on biology subject for senior high school. Journal of Physics: Conference Series, 1097(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1097/1/012039

McClelland, D. C., Atkinson, J. W., Clark, R. A., & Lowell, E. L. (1958). A scoring manual for the achievement motive. Motives in fantasy, action, and society, 179-204. (1976). the achievement motive.

Morrisan, M. (2012). Metode Penelitian Survei: Kencana.

Prayitno, S. B., & Latchford, J. (1995). Experimental infections of crustaceans with luminous bacteria related to Photobacterium and Vibrio. Effect of salinity and pH on infectiosity. Aquaculture, 132(1-2), 105-112.

Santrock, J. W. (2007). Psikologi pendidikan. Jakarta: Kencana, 46-55.

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi & motivasi belajar mengajar. Rajagrafindo persada (rajawali pers).

Sembiring, R. (1995). Analisis regresi. Bandung: ITB.

Shochib, M. (2010). Pola Asuh O Dalam Membantu Anak Mengemban Disiplin Diri. In: Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono, P. (2015). Metode penelitian kombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta.

Syah, R., & Darmawan, D. (2019). Pemanfaatan Media Sosial Instagram sebagai Literasi Visual pada Pendidikan Orang Dewasa. In Akrab (Vol. 10).

Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (n.d.). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal AKRAB, 10(2), 60–69.

Toharudin, U., Hendrawati, S., Rustaman, A.2011. Membangun Literasi Sains Peserta Didik. Bandung: Humainora.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi & Pengukurannya: Kajian & Analisis Di Bidang Pendidikan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Faculty of Mathematics and Sciences
Universitas Indraprasta PGRI

Address: Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur 13760 , Jakarta, Indonesia. 
Phone: +62 (021) 7818718 – 78835283 | Close in sunday and public holidays in Indonesia
Work Hours: 09.00 AM – 08.00 PM
Best hours to visit: From 9 am to 11 am or after 3 pm. The busiest times are between 11 am and 3 pm. 

Creative Commons License
Prosiding Seminar Nasional Sains 2020 is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License